JudulKUALITAS PELAYANAN KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) DI PUSKESMAS TAMBU KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA |
Nama: DESI ISRAWATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Desi Israwati B 401 14 017 dengan judul "KUALITAS PELAYANAN KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) DI PUSKESMAS TAMBU KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA". Di bimbing oleh Dr. Hartawan, M.Si (pembimbing I), dan Dr. Hasanuddin Mustari, M.Si (pembimbing II). Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Tambu Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kualitas pelayanan oleh Parasuraman, Zeithlm dan Berry yang membagi kualitas pelayanan dilihat dari lima faktor yaitu bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dasar penelitian kualitatif, dengan tipe pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Tambu secara keseluruhan di nilai masih kurang baik, hal ini di dasari oleh dari kelima indikator yang dijadikan acuan dalam penelitian ini. Dari kelima indikator ada tiga indikator yang masih bermasalah yaitu Tangibles atau bukti langsung terkait dengan masalah obat-obatan yang masih kurang, alat-alat medis di laboratorium yang belum lengkap dan mereka masih membutuhkan tenaga medis seperti perawat gigi, dokter gigi, analisis dan perawat. Indikator Reability atau kehandalan terkait dengan masalah perawat yang masih baru yang belum mempunyai pengalaman yang banyak. Indikator Responsiveness atau daya tanggap terkait dengan masih adanya kekurangan yang mesti ditindak lanjuti oleh Puskesmas Tambu Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala agar lebih meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat yang mendapatkan pelayanan bagi pengguna KIS maupun masyarakat umum dapat merasakan tindakan yang sama dalam mendapatkan tindakan pelayanan medis secara maksimal. |