JudulKINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK KEPADA MASYARAKAT DI KELURAHAN TONDO |
Nama: ELISA CHRISTIANI HUTAPEA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nama Elisa Christiani Hutapea, Stambuk 401 14 003, dalam judul “Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Di Kelurahan Tondo”. Pembimbing Bapak Nurhannis dan Ibu Sitti Chaeriah. Penelitian ini membahas mengenai hasil kinerja dari pegawai yang bekerja pada institusi pemerintah. Pada dasarnya institusi pemerintah memiliki tujuan yaitu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, yang dalam hal ini menekankan pada 5 aspek kinerja pegawai dalam memberikan layanan kepada masyarakat, yaitu Produktivitas, Kualitas Pelayanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil kinerja pelayanan yang diberikan pegawai pemerintah kepada masyarakat dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat yang timbul dalam pelaksanaan layanan tersebut. Dalam hal ini penulis menggunakan Penelitian ini menggunakan mentode penelitian kualitatif, dengan teori dari Agus Dwiyanto mengenai penilaian kinerja yang meliputi : produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Penelitian ini juga diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan diperkuat dengan dokumentasi. Serta dilakukannya analisis data secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan fokus permasalahan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah masih adanya pegawai kelurahan yang kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan administrasi masih kurang maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kinerja para pegawai Kelurahan Tondo dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat dikatakan baik, meki ada beberapa faktor yang mengambat yang timbul dalam pelaksanaannya. Adapun saran yang dapat diberikan penulis terhadap pegawai Kelurahan Tondo adalah agar kiranya dapat bekerja dengan semaksimal mungkin walaupun dengan sarana prasrana yang pada umumnya masih kurang lengkap. Kata Kunci:Produktivitas, Kualitas Pelayanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas |