JudulKINERJA PEMERINTAH KECAMATAN UNA-UNA DALAM PELAYANAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: Fadlan Latahidu |
Tahun: 2019 |
Abstrak Fadlan Latahidu. B401 13 148 dengan judul penelitian “Kinerja Pemerintahan Kecamatan Una-Una Dalam Pelayanan E-KTP Kabupaten Tojo Una-Una” yang dibimbing oleh Andi Pasinringi ( Pembimbing I ) dan Syamsul Bahri ( Pembimbing II ). Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Una una Kabupaten Tojo Una una, dengan tujuan menggetahui kinerja pemerintahan kecamatan dalam Penerapan KTP Elektronik atau E-KTP. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kinerja yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto (2006:51) meliputi 5 (lima) indikator kinerja yaitu Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan dasar penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yakni data yang diperoleh langsung dilokasi penelitian. Dalam penentuan informan pada penelitian tersebut, peneliti menggunakan teknik Sampling. Selain itu, dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data sebagai rujukan dalam hasil penelitian melalui teknik wawancara dengan beberapa informan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini secara umum dari lima indikator kinerja tersebut dapat dikatakan Baik. Pelaksanaan telah mengikuti dasar hukum serta petunjuk pelaksanaan program E-KTP dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Kondisi yang dikatakan Baik tersebut belum dapat dikatakan memberikan kepuasan kepada masyarakat, yaitu dalam kualitas pelayanan karena masih terdapat beberapa kelemahan dan kendala internal maupun eksternal. Kata Kunci: Kinerja, Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas Fadlan Latahidu. B401 13 148 with the research title "Una-Una District Government Performance in Tojo Una-Una District E-KTP Service" under the guidance of Andi Pasinringi (Supervisor I) and Syamsul Bahri (Supervisor II). This research was conducted at the Una Una District Office of Tojo Una Una Regency, with the aim of finding out the performance of the sub-district government in the application of Electronic KTP or E-KTP. The theory used in this research is Performance Theory proposed by Agus Dwiyanto (2006: 51) covering 5 (five) performance indicators, namely Productivity, Service Quality, Responsiveness, Responsibility, and Accountability. This type of research used is descriptive on the basis of qualitative research. The data used are primary data that is data obtained directly at the research location. In determining the informants in the study, researchers used a sampling technique. In addition, in the data collection technique in this study through observation, interviews, and documentation. With the method of data analysis through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data collection as a reference in the results of research through interview techniques with several informants who have been determined. The results of this study in general from the five performance indicators can be said Good. Implementation has followed the legal basis and instructions for implementing the E-KTP program from the central and regional governments. The said good condition cannot be said to give satisfaction to the community, namely in the quality of service because there are still some internal and external weaknesses and constraints. Keywords: Performance, Productivity, Service Quality, Responsiveness, Responsibility, Accountability |