Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPersonal Branding Influencer TikTok Di Kota Palu
Nama: FIKA CAHYANI
Tahun: 2024
Abstrak
Fika Cahyani, stambuk , B 301 19 140 . Program Studi Antropologi, Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Judul Skripsi “ Personal Branding Influencer TikTok Di Kota Palu’’ Dibimbing oleh Bapak Muhammad Marzuki selaku pembimbing utama dan ibu Citra Dewi selaku pembimbing pendamping. Influencer kota palu dalam membangun personal brandingnya di media sosial TikTok dengan mengunggah vidio atau konten yang menarik perhatian dengan menampilkan image dari masing-masing influencer yang ditunjukkan kepada banyak orang dimedia sosial TikToknya. Influencer ini masing-masing memiliki keahlian menciptakan personal branding dimedia sosial TikTok, ternyata konten yang mereka kian hari kian bertambah. Konten -konten yang mereka hasilkan pun semakin unik dan menarik perhatian para viewers. Kemampuan mereka untuk memperkenalkan diri kepada pengguna TikTok nyatanya berdampak pada karir yang mereka rintis. Oleh karena itu maka permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana para influencer dikota palu membangun personal branding melalui media sosial TikTok?,kedua,bagaimana persepsi pengguna media sosial TikTok terhadap personal branding influencer?.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan tipe deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1.Penelitian kepustakaan membaca buku serta jurnal,serta karya ilmiah yang berkaitan masalah yang diteliti . 2. Pengamatan (observasi). 3. Wawancara dan 4. Dokumentasi .Penelitian ini dilakukan di masyarakat kota palu yang memiliki beberapa influencer dengan personal brandingnya . Penentuan informan menggunakan metode purposive yaitu dengan sengaja memilih informan sebanyak 3 orang yang sesuai dengan kriteria terhadap permasalahan yang diteliti. Penelitian ini mengangkat beberapa permasalahan yakni tentang cara para influencer membangun personal branding mereka melalui media sosial TikTok dan berbagai persepsi pengguna TikTok terhadap personal branding yang dibangun oleh para influencer. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat ketiga Influencer membangun personal brandingnya yaitu Nuvus, Nabila, dan Andri Jamril . Ketiga influencer ini berhasil menarik perhatian followersnya dimedia sosial Tiktok dengan mencapai jumlah followers terbanyak dikota palu. Ketiga influencer ini membangun personal brandingnya dengan repsentasi diri yang terdiri tiga komponen yaitu simbol,gambar dan bahasa. Nabila dengan logad palu beserta kebiasaannya mengucapkan A Day In My Life nya dengan gesture tubuh yang centil dalam membuat konten. Nuvus dengan logad kaili di campur logad palu dengan mimik wajah yang terlihat serius dalam membuat konten dan Andri jamril yang ciri khasnya menggunakan bahasa kaili dalam kontennya dengan menampilkan gaya calabainya. Kata Kunci : Personal Branding, Influencer, Media sosial TikTok, Life History

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up