Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Siomai Etnis Jawa DiKelurahan Nunu Kota Palu Sulawesi Tengah
Nama: LIDZDZANBI PUTRA BENARDI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Lidzdzanbi Putra Benardi B301 19 064, Judul Skripsi “Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Siomai Etnis Jawa Di Kelurahan Nunu Kota Palu Sulawesi Tengah” dibimbing oleh Muhammad Marzuki pembimbing utama dan Ibu Siti Hajar N.Aepu pembimbing pendamping. Pedagang merupakan komponen penting dalam perekonomian masyarakat Jawa di Palu. Pedagang adalah mereka yang melakukan perbuatan perniagaan (perdagangan) sebagai pekerjaannya sehari-hari. Pedagang kaki lima merupakan pedagang atau orang yang melakukan kegiatan atau usaha kecil tanpa didasari atas ijin dan menempati pinggiran jalan (trotoar) untuk menggelar dagangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjawab rumusan masalah yaitu Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Siomai Etnis Jawa Di Kelurahan Nunu Kota Palu Sulawesi Tengah Penelitian ini berlokasi di Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga Kota Palu. Lokasi ini dipilih karena mayoritas penduduk yang tinggal di Kelurahan Nunu tepatnya di Jalan Bungi Indah ini adalah Pedagang keliling Etnis Jawa. Untuk metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Di mana dilakukan penguraian secara terperinci mengenai Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Siomai Etnis Jawa di Kelurahan Nunu Kota Palu Sulawesi Tengah. Metode penelitian kualitatif ini mengutamakan fokus pada pengamatan sebuah fenomena dan meneliti makna dari fenomena tersebut. Dalam kehidupan sosial ekonomi pedagang siomai, tentunya setiap pelaku dari pedagang siomai memiliki titik awal dari memulai bisnis menjual siomai nya. Halini dilakukan sebagai bentuk usaha dalam bertahan hidup. Peran pedagang tidak hanya terbatas pada aspek transaksional semata, melainkan menjadi suatu entitas yang memiliki dampak yang signifikan terhadap ekosistem ekonomi lokal. Serta, Pedagang siomai etnis Jawa mengandalkan strategi pemasaran yang berfokus pada kualitas produk, rasa autentik, dan keterlibatan dalam komunitas lokal untuk menarik pelanggan. Dalam merencanakan strategi pemasaran, penting untuk memahami siapa saja target pasar yang ingin dijangkau. Strategi promosi pedagang siomai etnis Jawa, mengandalkan promosi dari konsumen satu ke konsumen lain dan interaksi langsung dengan pelanggan sebagai bagian dari upaya memperluas jangkauan pasar mereka. Oleh karena itu, pertanyaan tentang siapa saja target pasar mereka akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen potensial yang ingin mereka capai Kata kunci : Kehidupan Sosial, Ekonomi, Pedagang Siomai, Etnis Jawa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up