JudulWarung Mobil :"Studi Antropologi Ekonomi Terhadap Pedagang Di Kota Palu" |
Nama: CHIKITA YULIANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Para pedagang yang menggunakan mobil sebagai media usaha, kerap menyebut diri mereka sendiri dengan sebutan Warung mobil ataupun Toko mobil. Mereka menganggap diri mereka sama halnya dengan pedagang-pedagang yang berjualan di warung-warung ataupun di toko-toko, namun mereka dapat berpindah tempat dengan mudah karena menggunakan mobil. Masalah utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan alasan pedagang menggunakan mobil dalam berjualan serta Perilaku ekonomi para pedagang pengguna mobil di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif serta penentuan informan yang ditentukan secara “Purposive Sampling”, lokasi yang saya ambil itu berada di kota palu dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu penelitian kepustakaan,penelitian lapangan di antaranya observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. subjek penelitian berjumlah empat orang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pedagang berjualan menggunakan mobil yaitu, 1) mempermudah membuka usaha, dalam hal ini para pedagang pengguna mobil merasakan kenyamanan tersendiri yang dapat menunjang usaha warung mobil mereka terus bertahan. Mempermudah proses penjualan yaitu disebabkan adanya kemudahan yang mereka rasakan kemudahan dalam berdagang menggunakan mobil seperti melakukan mobilisasi ke tempat-tempat yang ramai pengunjung. 2) tidak membutuhkan modal usaha yang besar yaitu pengeluaran modal yang sedikit menjadi alasan dalam berjualan menggunakan mobil. keuntungan usaha menggunakan mobil dikarenakan penghasilan yang mereka. 3) mudah menarik konsumen. Hal ini disebabkan oleh banyak pelanggan yang tertarik dengan usaha yang menggunakan mobil dalam berjualan. Selain pada perilaku ekonomi pedagang pengguna mobil dapat dilihat dari persiapan sebelum berdagang yaitu pada keseharian mereka dalam berjualan. Selama berjualan menggunakan mobil dapat membentuk kemandirian pada masing-masing pedagang pengguna mobil. Proses kegiatan Hal ini dapat dilihat pada kegiatan keseharian seelum melakukan penjualan serta masalah dan kendala yang dapa terpecahkan selama mereka berjualan menggunakan mobil. Kata kunci : Perilaku Ekonomi, Pedagang, Warung Mobil |