Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTEKNOLOGI PEMBUATAN DAN PEMASARAN SARUNG DONGGALA DI DESA TOWALE KECAMATAN BANAWA TENGAH
Nama: YUYUN ROFINI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Yuyun Rofini B301 17 065 “Teknologi Pembuatan Dan Pemasaran Sarung Donggala di Desa Towale Kecamatan Banawa Tengah”. Ibu Dr. Hj. Rosmawati, M.Si Sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Dr. Ikhtiar Hatta, S.Sos., M.Hum Sebagai Pembimbing Pendamping. Sarung Donggala adalah kain tenunan sutra di daerah pesisir Kabupaten Donggala. Tradisi menenun sarung Donggala atau buya sabe bahasa Kaili, lipa sabbe bahasa Bugis, dari generasi ke generasi diwariskan masyarakat Donggala. Saat ini pelaku tenun/pembuat sarung Donggala sudah mulai berkurang akibat globalisasi dan modernisasi. Pemasaran juga merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh para pelaku sarung tenun Donggala. Salah satu contoh kendalanya yaitu belum tersedia pusat penjualan seperti galeri penyimpanan sarung tenun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan dasar penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui dan menganalisis proses pembuatan dan pemasaran sarung Donggala di Desa Towale. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, penelitian lapangan berupa data dari pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan yang ada pada penelitian ini yaitu enam orang informan. Setelah informan terkumpul dan informasi sudah didapatkan, maka peneliti memilih data yang diperlukan (reduksi data), penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa proses pembuatan sarung Donggala (Buya Sabe) di Desa Towale masih menggunakan teknologi tradisional karena menurut para pengrajin teknologi tradisional merupakan cara yang paling baik untuk menjaga kualitas sarung. Selain itu, sarung Donggala merupakan warisan budaya yang harus dijaga keasliannya sehingga para pengrajin tetap mempertahankan penggunaan teknologi tradisional. Proses pemasaran sarung Donggala (Buya Sabe) yang dilakukan masyarakat di Desa Towale adalah proses pemasaran tradisional melalui tiga cara yaitu pemasaran langsung kepada konsumen, pemasaran oleh distributor kepada jaringan penjualan, dan pemasaran oleh toko atau outlet. Jaringan penjualan yakni toko atau outlet memasarkan sarung Donggala untuk daerah sekitar kota dan juga mengirim kepada agen yang ada di luar kota. Kata Kunci : Sarung Donggala, Proses Pembuatan, Proses Pemasaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up