JudulPENGGUNAAN MEDIA ONLINE BAGI MAHASISWA (KAJIAN ANTROPOLOGI MEDIA) |
Nama: AISMA ANDIKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dalam menguraikan bagaimana penggunaan media online di kalangan mahasiswa memenuhi kebutuhan akademik mereka, dan “Budaya-budaya baru” apa yang terbentuk setelah adanya penggunaan media online tersebut, dalam tinjauan antropologi media di Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data dengan cara pengamatan (Observasi), dan wawancara (Interview), serta menggunakan tehnik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan saran, kemudian dengan menggunakan tehnik porposive sampling informan dalam penelitian adalah lima orang, dimana informan tersebut merupakan bagian dari mahasiswa aktif Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Morowali Utara (IP2MMU) yang berada di Kota Palu. Maka dalam melihat masalah penggunaan media online dikalangan mahasiswa memenuhi kebutuhan akademik, menurut pandangan hasil riset penelitian terdahulu tahun 2012 dan 2014, hal ini merupakan bagian dari masalah sosial yang terjadi dalam lingkup dunia maya yang berkaitan dengan dunia pendidikan mahasiswa, dan masalah ini akan senantiasa relevan untuk di kaji terus menerus, karena permasalahannya akan berubah dengan seiring perkembangan sistem media online dalam teknologi. Khususnya bagi suatu “Budaya-budaya baru” yang akan tercipta dalam media online itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media online di kalangan mahasiswa ada empat poin sistem yaitu: poin 1) ruang kelas online dalam jaringan (daring), yang terbagi menjadi tiga proses ruang kelas online, yang pertama ruang kelas dengan menggunakan zoom cloud meeting, yang kedua ruang kelas dengan menggunakan google classroom, dan yang ke tiga ruang kelas dengan menggunakan telegram, Sedangkan poin 2) mencari materi pembelajaran, Poin 3) penyimpanan dokumen dan file pembelajaran (arsip) dan Poin 4) kebututan informasi dan interaksi sosial. Hal ini dari hasil penelitian penggunaan media online di kalangan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan akademik, tak lupa dalam penggunaan tersebut dapat melahirkan budaya baru. “Budaya-budaya baru” yang terbentuk setelah adanya penggunaan media online yaitu: 1) Budaya trend, 2) Budaya emotikon, 3) Budaya story, 4) Budaya share/sharing, dan 5) Budaya stiker, dari beberapa poin di atas menjelaskan bahwa hal yang terjadi merupakan sikap dari kebiasaan dan ketergantungan seseorang dalam menggunakan media online sehingga melahirkan “Budaya-budaya baru” dalam kehidupan mereka. |