JudulPERILAKU PEDAGANG ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL DI DESA SIBOANG KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA |
Nama: RISKA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Riska. Stambuk B 301 17 002. Perogram Studi Antropologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Judul Hasil :Perolaku Jual Beli Masyarakat Melalui Media Sosial Di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Dibimbing oleh Citra Dewi sebagai pembimbing utama Dan Hapsa sebagai pembimbing pendamping. Media sosial mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan seseorang. Seseorang yang awalnya kecil bisa menjadi besar dengan media sosial, atau sebaliknya. Bagi masyarakat, media sosial sudah menjadi candu yang membuat penggunanya tiada hari tanpa membuka media sosial. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi internet memunculkan berbagai media yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi dan mendapatkan informasi. Salah satunya yaitu media online. Desa Siboang merupakan desa didaerah kecamatan Sojol, Pantai Barat kabupaten Donggala, dimana yang awalnya belum terlalu mengenal media online, kini media online sudah masuk ke dalam desa tersebut. Sudah sebahagian besar menggunakan media online walaupun belum semuanya menggunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaiamana media sosial membentuk perilaku masyarakat di Desa Siboang. danuntuk mengetahui dan menjelaskan bagaiamana perilaku jual beli online masyarakat di Desa Siboang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang melakukan penelitian langsung berupa pengamatan dan wawancara. Selain pengamatan dan wawancara langsung juga menggunakan metode Hybrid Etnografy yaitu melakukan penelitian online dengan mengamati media sosial informan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dengan adanya media sosial mempermudah urusan masyarakat. Masyarakat menggunakan media sosial untuk mempermudah mereka untuk melakukan sesuatu. Mereka menggunakan media sosial untuk berkomunikasi jarak jauh, mencari sumber informasi serta bisa menggunakan media sosial untuk tempat bekerja, membuka usaha, menghasilkan uang ataupun membelanjakan uang. Ada banyak jenis media yang mereka gunakan yaitu facebook, whatsapp, tiktok, youtube, dan instagram. Adapun prbedaan antara pasar ofline dan jual beli online yaitu, jika seseorang berbelanja melalui online shop mereka bisa menghemat waktu dan tenaga, mereka tidak perlu lagi untuk keluar rumah untuk mencari barang atau sesuatu yang mereka butuhkan. Mereka hanya membutuhkan kuota data dan handphone untuk mengakses media sosial seperti facebook danWA untuk melihat-lihat atau mencari sesuatu yang mereka butuhkan setelah itu langsung komunikasi dengan penjual saja. Pembayaran pun juga sudah bisa menggunakan media online dengan cara via trf. Mereka lebih sering menggunakan HP sebagai hiburan daripada seperti kehidupan sebelumnya. Interaksi-interaksi sesama masyarakat juga sedikit berkurang, mereka lebih asyik dan nyaman menggunakan media sosial sebagai alat interaksi satusama lain. Kata kunci : Perubahan, perilaku jual beli online |