Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKIAT MENARIK PELANGGAN KASUS PADA CAFE MINI DI HUTAN KOTA PALU
Nama: NILUH SRI MULIASIH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Niluh Sri Muliasih, Stambuk B 301 16 127, Judul skripsi ini adalah Kiat Menarik Pelanggan Kasus Pada Cafe Mini Di Hutan Kota Palu, dibimbing oleh Ikhtiar Hatta sebagai pembimbing utama dan Siti Hajar N. Aepu selaku pembimbing pendamping. Cafe merupakan salah satu usaha yang saat ini sedang berkembang pesat terutama di kota Palu yang banyak dikunjungi untuk bersantai atau melepas penat setelah melakukan aktivitas seharian. Pemilik cafe-cafe mini yang dulunya berada sepanjang pesisir pantai talise yang selamat dari bencana alam Tsunami, harus kehilangan mata pencahariannya kemudian mendapatkan peluang untuk membuka kembali usaha cafenya di Hutan Kota Palu. Masyarakat maupun pendatang yang tinggal di kota Palu memerlukan adanya tempat untuk bersantai dan wisata lokal kebutuhan akan wisata, maka pemilik cafe memanfaatkan peluang yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kiat/strategi pemilik cafe dalam menarik dan mempertahankan pelanggannya. Ditetapkannya lokasi penelitian ini karena merupakan tempat usaha cafe yang banyak dikunjungi masyarakat. Penelitian ini melibatkan 8 orang informan dimana terdiri dari beberapa pemilik cafe, pengunjung dan tukang parkir yang mampu memberikan informasi tentang kiat/strategi menarik minat pelanggan untuk berkunjung. Untuk mengungkap dan menjawab pertanyaannya, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, tipe penelitiannya bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, pengamatan, wawancara pendahuluan dan mendalam, serta informan ditetapkan dengan purposive sampling, dengan menentukan informan yang dapat memberikan data secara detail. Hasil penelitian menunjukan bahwa para pelaku usaha cafe menggunakan kiat/strategi yang sama dalam menarik minat pelanggan. Strategi yang digunakan yaitu desain yang menarik, harga yang terjangkau sehingga dapat dibeli oleh semua kalangan, lokasi dan kepuasan pelangan harus dinomorsatukan. Menurut para pemilik cafe, strategi yang digunakan mampu menarik pelangan. Sehingga dapat disimpulkaan kiat/strategi yang paling penting dalam menarik pelanggan yakni dengan mengetahui yang di butuhkan pelanggan. Konsumen dalam pengambilan pembelian dipengaruhi oleh perilaku dan budaya. Dimana pada jaman modern ini konsumen mengkonsumsi suatu barang/jasa bukan karna kebutuhan saja tapi juga karna keinginan, adanya perubahan gaya hidup yang dipengaruhi oleh budaya lingkungan sekitarnya. Kata kunci: Strategi, Minat Pelanggan, Keputusan Pembeli

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up