Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMinimarket Masuk Desa (Perilaku Konsumen Terhadap Keberadaan Minimarket Di Desa Kabobona Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi)
Nama: RINI DWYANTI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Rini Dwiyanti, Stambuk, B 301 16 106 Judul: Minimarket Masuk Desa (Perilaku Konsumen Terhadap Keberadaan Minimarket di Desa Kabobona Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi). Dibimbing oleh ibu Rosmawati sebagai pembimbing Utama dan ibu Resmiwati sebagai pembimbing pendamping. Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dengan adanya minimarket yang ada di desa dapat menggeser peranan kios-kios yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen berbelanja sebelum dan sesudah adanya minimarket Amar 2 di desa Kabobona dan bagaimana motivasi konsumen berbelanja di minimarket Amar 2 desa Kabobona untuk mengungkap dan menjawab permasalahan tersebut, maka metode yang digunakan adalah metode kualitatif, tipe penelitiannya bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan penelitian lapangan yakni pengamatan dan wawancara mendalam. Penelitian ini dilakukan di minimarket Amar 2 desa Kabobona. Teknik penarikan informan ini secara sengaja (purposive sumpling) yaitu sengaja memilih delapan orang informan berdasartkan pertimbangan usia agar bisa memberikan data atau informasi mendalam mengenai perilaku berbelanja informan saat sedang berbelanja di minimarket maupun kios-kios. Hasil penelitian ini menunjukan sebelum adanya minimarket di desa kabobona konsumen memenuhi kebutuhannya di kios-kios serta pasar tradisional terdekat apabila tidak di dapatkan di tempat tersebut mereka akan ke kota palu untuk memenuhi kebutuhannya setelah adanya minimarket di desa Kabobona masyarakat banyak memenuhi kebutuhannya di minimarket dengan berbagai alasan dimana usia remaja berbelanja bukan berdasarkan kebutuhan melainkan konsumsi di luar dari kegunaan yang dilakukan diluar tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup biasanya berkaitan dengan kesenangan serta menunjukan gaya hidup atau gengsi dan adapun tipe konsumen yang mengonsumsi berdasarkan kegunaan yang dilakukan dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup serta mempertimbangkan beberapa hal seperti kualitas produk yang dijual, harganya yang terjangkau promosi serta kenyamanan dalam berbelanja yang mana bagi konsumen hal tersebut merupakan suatu motivasi untuk dapat berbelanja di ritel modern tersebut. Kata kunci : perilaku konsumen dan minimarket

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up