Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPerilaku Berbahasa Pedagang Kain Di Pasar Inpres Kelurahan Balaroa Kecamatan Palu Barat
Nama: GHISCHA ADELIA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ghischa Adelia. Stambuk B 301 160 10 Judul Skripsi “Perilaku Berbahasa Pedagang Kain di Pasar Inpres Kelurahan Balaroa”. Di bawah bimbingan ibu Kismarsillah selaku pembimbing utama dan ibu Siti Hajar N. Aepu, selaku pembimbing pendamping. Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Perilaku berbahasa merupakan sikap mental seorang dalam memilih dan menggunakan bahasa yang akan digunakan. Namun tetap dibatasi dalam memilih seperti ketidak mampuan seseorang dalam berbahasa dan juga kedudukannya terhadap lawan tutur. Adapun masalah dalam penelitiannya ini adalah perilaku berbahasa dari seorang pedagang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku berbahasa pedagang kain dan juga bagaimana strategi berbahasa pedagang untuk menarik perhatian pelanggan. Untuk mengungkap dan menjawab permasalahan tersebut, maka metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif,tipe penelitiannya bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan penelitian lapangan yakni pengamatan dan wawancara mendalam. Penelitian ini di lakukan di Pasar Inpres Kelurahan Balaroa Kecamatan Palu Barat. Teknik penarikan informan ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling) yaitu sengaja memilih enam orang informan yang terdiri dari empat pedagang kain Etnis Bugis dan juga dua pedagang kain Etnis Kaili, yang memberikan data ataupun informasi mengenai perilaku berbahasa, dan juga strategi yang digunakan dalam menarik pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku berbahasa pedagang kain di Pasar Inpres yaitu dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan juga bahasa daerah. Pemilihan Bahasa Indonesia digunakan apabila salah satu penutur tidak memahami bahasa daerah. Namun, pedagang akan menggunakan bahasa daerah apabila bertemu dnegan pembeli yang memiliki etnis yang sama dan juga memahami bahasa daerah. Bahasa yang digunakan sesuai dengan norma sosial yang hidup dimasyarakat yang mana dibatasi dengan kesantunan bahasa. Selanjutnya, pedagang memiliki strategi agar menarik pelanggan, yaitu dengan menyapa dengan santun, memanggil masuk ke dalam toko pedagang, memperkenalkan produk yang dijualkan dengan menggunakan penguasaan bahasa yang baik. Penguasaan bahasa yang dimiliki pedagang sangat berfungsi dalam meyakinkan pembeli utnuk membeli produk yang dijualkan. Setiap pedagang dalam memperkenalkan produk, semua produk yang dijualkannya akan terengar menarik karena penguasaan bahasa yang baik. Kata Kunci: pedagang, perilaku, bahasa, strategi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up