Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PEMASARAN DAUN KELOR OLEH KELOMPOK TANI SINGGANI-KONOATA DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA POMBEWE KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI
Nama: AHMAD YANI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ahmad Yani B 301 15 134 Judul Skripsi Strategi Pemasaran Daun Kelor oleh Kelompok Tani Singgani Konoata Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi di bimbing oleh Bapak Juraid sebagai Pembimbing Utama dan ibu Siti Hajar N. Aepu sebagai pembimbing pendamping. Kelor merupakan tanaman yang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Belakangan ini kelor digunakan untuk memerangi kekurangan gizi di banyak negara berkembang. Selain sebagai sumber nutrisi pengolahan kelor juga dapat meningkatkan nilai tambah produk tersebut sehingga banyak masyarakat membudidayakan tanaman kelor ini termasuk kelompok Singgani Konoata. Tujuan penelitian diketahuinya Skripsi Strategi Pemasaran Daun Kelor oleh Kelompok Tani Singgani Konoata Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Subyek dalam penelitian ini adalah semua petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Singgani Konoata yang berjumlah 12 orang. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik lapangan dan teknik wawancara. Teknik analisis data menggunakan data primer maupun sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah yang dilakukan oleh kelompok tani Singgani Konoata dalam melakukan strategi pemasaran adalah mendesain kemasan yang menarik, dan menjaga kualitas dari produk kelor itu sendiri, promosi dilakukan dengan cara sosialisasi, mecetak browsur, dan memanfaatkan media online, penentuan harga dalam pemasaran sangatlah penting, karena dengan harga yang ditawarkan dapat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli. Hambatan dalam strategi pemasaran dialami awal mulanya membangun usaha daun kelor yaitu awalnya membuka usaha ini terjadi masalah karena mesin pengering daun kelor hanya terdapat 1 mesin pengering, penelitian ini juga menunjukan bahwa para petani kelor Singgani Konoata di Desa Pombewe mengakui bahwa mengolah tanaman kelor ini sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidup, sebab daun dari kelor bisa bernilai ekonomi dan bisa untuk dikonsumsi, petani kelor Singgani Konoata juga sadar bahwa, kelor sangat berguna untuk kesehatan tubuh, sebab kandungan nutrisi dari kelor sangat bagus untuk mencegah penyakit dalam tubuh manusia. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Daun Kelor, Peningkatan Ekonomi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up