Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pemilihan Jenis Permainan Anak Dalam Proses Pendidikan Keluarga (Studi Kasus 3 Keluarga Di Kelurahan Mamboro)
Nama: ARMIDA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Armida Stambuk. B 301 14 130. Judul skripsi Strategi Pemilihan Jenis Permainan Anak Dalam Proses Pendidikan Keluarga (Studi Kasus 3 Keluarga di Keluharan Mamboro). Dibimbing oleh ibu Kismarsilah selaku Pembimbing Utama dan ibu Resmiwati sebagai Pembimbing Pendamping. Keluarga adalah lingkungan dimana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah dan bersatu. Jauh sebelum adanya lembaga pendidikan yang disebut sekolah, keluarga telah ada sebagai lembaga yang memainkan peran penting dalam pendidikan yakni sebagai peletak dasar. Pendidikan dalam keluarga penting, sama pentingnya dengan pendidikan di sekolah karena setiap orang yang bersosialisasi dalam masyarakat berasal dari keluarga. Kemampuan bersosialisasi tidak datang secara tiba-tiba melainkan hasil dari suatu pembelajaran panjang dalam keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini guna mengetahui bagaimana pola pendidikan awal dari dalam keluarga serta bagaimana strategi para orang tua dalam memilihkan jenis permainan dan cara penerapannya kepada anak, dimana keberagaman strategi orang tua masing-masing di hadapkan dengan berbagai permasalahan dalam memilih jenis permainan agar bisa disukai oleh anak dan sesuai dengan pilihan mereka khususnya beberapa keluarga yang ada di Kelurahan Mamboro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, dan penelitian lapangan yakni pengamatan yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh gambaran secara umum tentang lokasi penelitian, wawancara, dokumentasi, serta informan yang ditetapkan secara purposive sampling dengan menetapkan informan secara sengaja yang dapat memberikan gambaran secara terperinci mengenai strategi para orang tua terhadap pemilihan permainan dan pendidikan untuk anak mereka. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi pemilihan jenis permainan anak dalam proses pendidikan keluarga dapat dilihat dari para keluarga informan yang ada di Kelurahan Mamboro, dimana yang merupakan ayah atau ibu mempunyai strategi masing-masing dalam memilihkan sendiri jenis permainan untuk anak mereka. Selain memilihkan permainan para orang tua juga menemani dan membimbing anaknya saat bermain, misalnya memilih lingkungan bermain, membuat kesepakatan waktu bermain, dan dibeberapa kesempatan melakukan kegiatan bermain bersama anak tetapi tidak dengan alat melainkan dalam bentuk gerakan atau suara. Sedangkan dalam proses pendidikan anak mereka, dimana dari hasil penelitian menunjukan bahwa para orang tua juga sudah memberikan pendidikan prasekolah untuk anak di dalam rumah, misalnya di ajarkan bagaimana berbicara yang baik, gerakan sholat, bernyanyi, melukis, berhitung matematika dasar, menghafal abjad dan terkadang orang tua memberikan pendidikan tersebut juga melalui metode bermain. Kata Kunci : Keluarga, Anak, Pendidikan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up