JudulETNOGRAFI BERBELANJA KONSUMEN DI PALU GRAND MALL |
Nama: NURUL HIKMA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nurul Hikma Stambuk B 301 12 024. Judul Skripsi “Etnografi Berbelanja Konsumen Di Palu Grand Mall”, di bawah bimbingan Dr.Hj Rosmawati.,M.Si. sebagai Pembimbing Utama. dan Hendra,S.Sos.,M.Phil.,MA sebagai Pembimbing Pendamping. Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Untuk mengkaji etnografi berbelanja konsumen di Palu Gran Mall maka saya menetapkan pokok permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana Pengetahuan berbelanja konsumen di Palu Gran Mall. Dan 2) Bagaimana Strategi berbelanja konsumen di Palu Grand Mall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui pengetahuan berbelanja konsumen di Palu Grand Mall dan untuk mengetahui strategi berbelanja konsumen di Palu Gran Mall. Dalam penelitian ini saya menarik sampel secara purposive sampling yaitu dengan sengaja menetukan beberapa orang konsumen yang berbelanja di Palu Grand Mall adapun jumlah peneliti yang telah teliti berjumlah 10 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : Penelitian pustaka yang merupakan penelusuran terhadap beberapa buku dokumen, karya ilmiah, dan sumber-sumber tertulis lainya yang ada referensinya dengan permasalahan penelitian.Penelitian lapangan yang terdiri dari kegiatan observasi secara terlibat serta wawancara bebas dan mendalam dengan menggunakan daftar pertanyaan. Data yang telah dikumpulkan, kemudian saya analisis secara dskriptif melalui tahan-tahapan : penyuntingan data, kategori data, penafsiran makna data, perumusan hasil penelituan serta perumusan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahawa konsumen yang ada di Palu Grand Mall memiliki pengetahuan berbelanja yang berbeda-beda, ada yang datang berbelanja dan ada juga yang datang untuk sekedar jalan-jalan memanjakan mata. Berdasarkan hasil observasi penelitian, Palu Grand Mall yang ada di Kota Palu memberikan program diskon bagi para pembeli. Program ini memberikan daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen. Maka tidak mengherankan apabila orang berbondong-bondong pergi ke mall untuk memenuhi rasa penasaran mereka. Konsumen mudah Tergiur oleh harga yang ditawarkan di karenakan banyaknya potongan harga yang di tawarkan. Sejatinya sebuah barang yang dibeli sedapat mungkin dapat digunakan, walaupun kuantitas penggunanya relatif dengan strategi berbelanja kaum pria yang dominan membeli barang yang betul-betul mereka butuhkan dan dapat dipakai jangka waktu yang lama. Kata Kunci: Etnografi, Belanja, Konsumen, Palu Grand Mall. |