Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFENOMENA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI KOMPUTER DI SMP NEGERI 1 BUNTA KABUPATEN BANGGAI
Nama: NABILA AZAHRANI
Tahun: 2025
Abstrak
Nabila Azahrani B 201 21 245 :Fenomena Pembelajaran Teknologi Komputer di SMP Negeri 1 Bunta Kabupaten Banggai. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (Dibimbing oleh, Zaiful dan Moh. Nutfa) Penelitian ini menganalisis fenomena pembelajaran teknologi komputer di SMP Negeri 1 Bunta Kabupaten Banggai, dengan fokus pada peningkatan literasi digital siswa melalui program Kampus Mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang terstruktur berhasil meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi komputer. Proses pembelajaran diawali dengan observasi dan analisis kebutuhan, yang mengungkapkan rendahnya pemahaman siswa terhadap perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Mahasiswa Kampus Mengajar kemudian menerapkan strategi pembelajaran berbasis praktik, di mana siswa dilatih menggunakan Microsoft Word untuk mengedit dokumen seperti tugas sekolah serta Canva untuk desain grafis sederhana. Evaluasi yang dilakukan secara berkala menunjukkan adanya peningkatan keterampilan digital siswa, meskipun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan fasilitas dan literasi digital yang rendah. Keberhasilan inovasi pembelajaran juga terlihat melalui implementasi program CODE (Creative of Design and Editing) yang diterapkan di kelas 7, 8, dan 9. Siswa kelas 7 mulai memahami dasar-dasar penggunaan komputer dan Microsoft Word, sementara siswa kelas 8 mengembangkan keterampilan desain grafis melalui Canva. Siswa kelas 9 mampu mengaplikasikan keterampilan teknologi mereka untuk menyelesaikan tugas akademik yang lebih kompleks. Program CODE tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa, tetapi juga mendorong minat mereka terhadap teknologi serta meningkatkan kepercayaan diri dalam penggunaan perangkat digital. Dukungan dari guru dan tenaga kependidikan turut memperkuat keberlanjutan program ini di sekolah, sehingga SMP Negeri 1 Bunta kini memiliki model pembelajaran teknologi komputer yang lebih efektif, interaktif, dan berkelanjutan. Kata Kunci: Pembelajaran Teknologi Komputer, Literasi Digital, Program CODE, Kampus Mengajar, Inovasi Pendidikan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up