JudulPeran Mahasiswa Praktik Mengajar Dalam Melaksanakan Inovasi Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 3 Palu |
Nama: ARMIANTI AGUSTI PRADINI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Armianti Agustri Pradini 2025: Inovasi Dalam Metode Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 3 Palu (dibimbing oleh, Indah Ahdiah dan Moh. Nutfa). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peran mahasiswa dalam praktik mengajar menggunakan media gambar di SD Muhammadiyah 3 Palu, dan (2) mengidentifikasi pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan minat belajar siswa di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode praktik sosial dan penelitian tindakan, yang bertujuan untuk memahami serta menyelesaikan masalah sosial dalam konteks pendidikan. Penelitian ini melibatkan siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, di mana pendidik berperan aktif dalam meningkatkan praktik pengajaran serta menjalin kolaborasi.Untuk mengumpulkan data, teknik yang diterapkan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Palu.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Penelitian ini menemukan bahwa peran mahasiswa praktik mengajar menggunakan media gambar di SD Muhammadiyah 3 Palu berdampak positif. Mahasiswa praktik berfungsi tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator yang menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Penggunaan media gambar seperti buku bergambar dan video edukatif membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Selain itu, media gambar yang menarik dan relevan terbukti meningkatkan minat belajar siswa, mendorong partisipasi aktif, dan memperkuat pemahaman materi. Dengan demikian, penerapan media gambar dalam proses pembelajaran diharapkan dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kata kunci: Mahasiswa, praktik mengajar, media gambar |