JudulPERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SD ISLAM RAUDHATUL JANNAH |
Nama: AFRIANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Afriars 2025 Peran Mahaswa Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Islam Raudhatul Jannah (dibimbing oleh, Indah Ahdiah dan Mah. Nutfa) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mahasiswa program Kampus Mengajar dalam meningkatkan minat baca siswa SD Islam Raudhatul Jannah. Program Kampus Mengajar merupakan inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang melibatkan mahasiswa unnik berkontribusi langsung dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar Penelitian ini menggunakan metode penelitian praktik sosial menurut Kemmis & Taggart (1988), yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observas?, dan refleks? Dengan memilih kelas V sebagai sampel dan 3 informan yang dapat memberikan informasi yang mendukung Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, pre test dan post test AKM kelas, lembar observasi guru dan dokumentas? kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa membawa peran sebagai mahasiswa yang tergabung dalam program Kampus Mengajar memiliki peran sebagai pendidik, fasilitator, dan motivator hagi siswa SD Islam Raudhatul Jannah Bentuknya yaitu melakukan aktifitas msembaca 15 menit sebelum pembelajaran, membaca nyaring atau bersama, pendampingan secara personal, membuat pojok baca di kelas V. membenah? perpustakaan sekolah dan pembuatan poster. Peningkatan minat baca terlihat dari antusiasme siswa selama kegiatan, frekuenst membaca, serta keterlibatan aktif siswa dalam diskusi literas?. Hal ini juga dapat dilihat dar? peningkatan has?l Asesmen Kompet?ns? Minimum (AKM) kelas yang awalnya 21% menjadi 77% serta adanya has?l lembar observas? yang dilakukan oleh guru mengenai keberhasilan program sebesar 93% Kolaborasi antara mahasiswa dan guru juga menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan program. Kata kunci: mahasiswa Kampus Mengajar, minat baca, pendidikan dasar |