Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Mahasiswa Dalam Peningkatan Pencapaian Prestasi Akademik Pada Program Studi Sosiologi Universitas Tadulako
Nama: NURUL AULIA
Tahun: 2025
Abstrak
Nurul Aulia, B20121204, Judul: Strategi Mahasiswa dalam peningkatan pencapaian prestasi akademik pada Program Studi Sosiologi Universitas Tadulako. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Muhammad Nur Ali dan Ritha Safithri Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi prestasi akademik mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Tadulako dan menganalisis strategi-strategi yang diterapkan mahasiswa dalam meningkatkan pencapaian akademik. Fokus penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa prestasi akademik tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan kognitif, tetapi juga strategi belajar, motivasi, serta dukungan dari lingkungan akademik maupun sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Sosiologi Universitas Tadulako pada bulan Mei 2025. Informan dipilih secara purposive, yaitu mahasiswa berprestasi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi aktivitas akademik, serta dokumentasi berupa data IPK dan catatan pendukung lainnya. Analisis data dilakukan dengan pendekatan induktif, deduktif, dan komparatif untuk menemukan pola strategi belajar mahasiswa secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik mahasiswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kedisiplinan dalam mengatur waktu, motivasi belajar, serta kemampuan menjaga konsentrasi. Faktor eksternal mencakup dukungan beasiswa (terutama KIP Kuliah), keterlibatan dalam organisasi kemahasiswaan, dan lingkungan belajar yang kondusif. Strategi yang dominan diterapkan mahasiswa antara lain menyusun jadwal belajar, membuat ringkasan materi, mengulang pelajaran secara rutin, serta belajar intensif menjelang ujian. Strategi ini tidak hanya membantu mahasiswa lebih disiplin, tetapi juga membentuk pola belajar konsisten. Analisis teori belajar behavioristik Skinner menunjukkan bahwa strategi tersebut terbentuk melalui reinforcement positif dan negatif, sedangkan teori interaksionisme simbolik Blumer menegaskan bahwa strategi belajar juga merupakan hasil pemaknaan sosial dari interaksi dengan dosen, teman sebaya, keluarga, dan lingkungan akademik. Kata Kunci: Strategi belajar dan prestasi, akademik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up