JudulKETERTARIKAN PELAJAR PADA PRODUK ENDORSEMENT INSTAGRAM (STUDI DESKRIPTIF PADA PELAJAR SMA NEGERI 3 PALU) |
Nama: DEASY FITRIA MAHARANI ASIS |
Tahun: 2025 |
Abstrak Deasy Fitria Maharani Asis, NIM B20121179. “Ketertarikan Pelajar Pada Produk Endorsement Instagram (Studi Deskriptif Pada Pelajar SMA Negeri 3 Palu)”. Di bawah bimbingan Muhammad Nur Ali pembimbing utama dan Hadisuddin pembimbing pendamping Tujuan penelitian ini penulis ingin mengetahui ketertarikan pelajar pada produk Endorsement instagram yang target informanya berasal dari masyarakat konsumen anak pelajar SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menjadikan pelajar SMA Negeri 3 Palu sebagai subjek penelitian sesuai dengan permasalahan penelitian yang penulis teliti. Dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur purposive digunakan untuk menentukan informan penelitian, sebanyak 5 informan yang memenuhi kriteria penelitian yang penulis lakukan yang dimana merupakan pelajar SMA Negeri 3 Palu. Proses interpretasi data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Endorsement di media sosial instagram pada pelajar SMA Negeri 3 Palu menyebabkan pelajar lebih sering berbelanja Online. Pengaruh Endorsement yang sedang menjadi tren menimbulkan keinginan untuk konsumsi yang terus berkelanjutan. Hal ini didorong dengan rasa gengsi dan ingin terlihat kekinian dengan mengikuti tren zaman yang ada, dengan keadaan ini fungsi dan manfaat dari suatu produk bukan lagi menjadi kebutuhan melainkan hanya untuk menjadikan sebuah simbol tanda untuk terlihat sempurna dengan gaya hidup dikalangan masyarakat, akibatnya pelajar SMA Negeri 3 palu berprilaku konsumtif Kata Kunci : Endorsement, Pelajar, Instagram, Masyarakat Konsumen |