Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKAJIAN POLA INTERAKSI SISWA PADA PEMBELAJARAN CERAMAH DAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI LASOANI
Nama: ILMIATIN NUR FITRIAH
Tahun: 2025
Abstrak
Ilmiatin Nur Fitriah, B201 21 049. “Kajian Pola Interaksi Siswa Pada Pembelajaran Ceramah dan Pembelajaran Berbasis Digital di Sekolah Dasar Negeri Lasoani” Dibimbing oleh Indah Ahdiah (Pembimbing 1) dan Alimudin (Pembimbing 2). Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mengetahui pelaksana program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui kegiatan kampus mengajar 7 di Sekolah Dasar Negeri Lasoani 2.) mengetahui pola interaksi siswa dalam pembelajaran ceramah dan pembelajaran berbasis digital di Sekolah Dasar Negeri Lasoani. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan praktis sosial yang dilakukan di kelas 2 dan 5 dengan melibatkan 6 informan serta tindakan yang relevan. Pengumpulan data dilakukan lewat observasi, wawancara, dan dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 2, 5, 6 dan mahasiswa kampus mengajar 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pembelajaran yang hanya bersifat satu arah cenderung menurunkan partisipasi siswa. Dari pelaksanaan program Kampus Mengajar melalui kegiatan asistensi mengajar menghasilkan mahasiswa untuk berkolaborasi dengan guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif. Oleh karena itu, melalui kolaborasi ini, keterlibatan siswa dapat ditingkatkan, sehingga mendorong partisipasi aktif serta meningkatkan semangat belajar mereka. Kedua, Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru memiliki peran penting dalam menentukan tingkat interaksi siswa di kelas. Kurangnya keterlibatan siswa dalam mengajukan pertanyaan sering kali menyebabkan mereka tidak fokus, cenderung bermain dengan teman sebaya, serta keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung. Rendahnya partisipasi siswa ini kerap dipengaruhi oleh penggunaan metode ceramah yang monoton, sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi. Sebaliknya, penerapan pembelajaran berbasis digital yang menyajikan materi secara menarik dan interaktif mampu meningkatkan minat belajar siswa, mendorong mereka untuk lebih aktif bertanya, serta berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pola Interaksi Siswa, Pembelajaran Ceramah, Digital

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up