JudulPERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. IMIP DI DESA LABOTA KECAMATAN BAHODOPI KABUPATEN MOROWALI |
Nama: NURNADIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurnadia, Stambuk B 201 21 041, Persepsi Masyarakat Terhadap Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT.IMIP Di Desa Labota Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Dibimbing oleh: Hasan Muhamad dan Zaiful. Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan dan sosialisasi program CSR pada masyarakat Desa Labota dan; (2) untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan program CSR. Penelitian ini menggunakan teori Pemberdayaan oleh Jim Ife, pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat terhadap masyarakat. Proses penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang secara khusus berfokus terhadap pengukuran analisis atas kejadian-kejadian yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pembagian kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah penduduk Desa Labota. Hasil perhitungan dari rumus slovin ada 99 responden yang menjadi sampel. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) di Desa Labota berjalan dengan baik, sebagaimana terlihat dari hasil survei responden. Sebanyak 51,52% responden sangat setuju bahwa sebelum program dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. Pelaksanaan program CSR oleh tim pelaksana mendapat penilaian positif, dengan 59,60% responden menyatakan setuju terhadap kualitas pelaksanaan tersebut. Dukungan masyarakat terhadap program CSR juga cukup tinggi, dengan 54,55% responden setuju. Selain itu, 61,62% responden setuju bahwa tim pelaksana CSR telah mendampingi masyarakat dengan baik selama pelaksanaan program. Program CSR ini juga dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dengan 50,51% responden setuju akan hal tersebut; (2) Persepsi masyarakat terhadap program Corporate Social Responsibility (CSR) sangat positif, dengan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan memainkan peran penting dalam keberhasilan pelaksanaan program CSR. Kepercayaan tersebut tercermin melalui tanggung jawab, keterbukaan, dan keterlibatan masyarakat dalam setiap tahap pelaksanaan program. Dapat disimpulkan bahwa dengan melaksanakan program CSR, PT. IMIP tidak hanya fokus pada keuntungan, tetapi juga peduli terhadap kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan hubungan positif dengan pemangku kepentingan. Tim pelaksana berupaya melestarikan lingkungan di Desa Labota melalui berbagai program yang dijalankan. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Program CSR, Perusahaan |