| JudulREVITALISASI PRAKTIK LITERASI MEMBACA DI SD INPRES KECIL SALENA KELURAHAN BULURI KECAMATAN ULUJADI |
| Nama: RAHMAT EKI SAPUTRA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak ABSTRAK Rahmat Eki Saputra B 201 21 016: Revitalisasi Praktik Literasi Membaca di SD Inpres Kecil Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Ahdiah (Pembimbing I) dan Alimudin (Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses revitalisasi praktik literasi membaca di SD Inpres Kecil Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi. Upaya revitalisasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa yang relatif rendah sekaligus mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan literasi yang belum berjalan maksimal dengan menggunakan pendekatan praktik sosial. Pendekatan ini mencakup empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, untuk mengkaji bagaimana praktik literasi membaca direvitalisasi oleh guru dan mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 7 guna meningkatkan minat baca siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi kegiatan literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi praktik literasi membaca diterapkan melalui berbagai strategi, antara lain pembiasaan membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, pengelolaan pojok baca di kelas, pemutaran film edukatif, kunjungan ke perpustakaan sekolah, membaca nyaring, serta kemah literasi dan numerasi. Penerapan strategi-strategi tersebut memunculkan berbagai bentuk interaksi sosial: interaksi asosiatif tercermin dari kerja sama antara guru dan mahasiswa Kampus Mengajar dalam merancang metode dan kegiatan literasi yang relevan, sedangkan interaksi disosiatif tampak dari kompetisi sehat antar siswa dalam lomba-lomba literasi. Kata Kunci: Literasi Membaca, Revitalisasi, Praktik Sosial, Interaksi Sosial |