Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFenomana Pendidikan Anak Pada Keluarga Miskin Di Desa Enu Kecamatan Sindue Kabupatem Donggala
Nama: INDA HAIRUNISA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Inda Hairunisa, Nomor Stambuk B 201 21 014, dengan judul penelitian Fenomena Pendidikan Anak pada Keluarga Miskin di Desa Enu Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Dibimbing oleh Indah Ahdiah dan Alimudin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya anak putus sekolah pada keluarga miskin di Desa Enu Dusun 4 Jono, dan untuk memahami lebih lanjut pandangan orang tua terhadap pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive dengan jumlah 8 informan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Interaksionisme Simbolik (George Herbert Mead). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena anak putus sekolah di Desa Enu disebabkan oleh berbagai faktor yaitu keterbatasan ekonomi, rendahnya pemahaman orang tua terhadap pendidikan, pengaruh lingkungan sosial, minimnya akses transportasi ke sekolah, serta Kurangnya dorongan dan motivasi dari orang tua menyebabkan anak-anak kehilangan minat belajar dan memilih untuk berhenti sekolah di usia dini. Pendidikan dianggap sebagai beban ekonomi, bukan sebagai investasi masa depan. Pemahaman orang tua terhadap pendidikan anak dalam penelitian ini ditemukan data bahwa orang tua lebih memilih anaknya untuk bekerja atau bertani dibandingkan melanjutkan sekolah. Selain itu, pengaruh budaya dan pengalaman hidup orang tua yang juga tidak menyelesaikan pendidikan formal membentuk persepsi negatif terhadap pendidikan. Kata kunci: Pendidikan anak, keluarga miskin

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up