Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFENOMENA POLA ASUH GURU DI SEKOLAH DASAR DARUD DA’WAH WAL IRSYAD KOTA PALU
Nama: RAFIDAH
Tahun: 2025
Abstrak
Rafidah B20121013: Fenomena Pola Asuh Guru Di Sekolah Dasar Darud Da’wah Wal Irsyad Kota Palu. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. (Dibimbing oleh Indah Ahdiah dan Alimudin). Penelitian ini bertujuan (1).Mendeskripsikan fenomena pola asuh guru di sekolah Darud Da’wah Wal Irsyad Kota Palu menggunakaan pendekatan praktik sosial. (2).Menjelaskan bentuk interaksi guru dan siswa. Dalam metode praktik sosial ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena pola asuh guru yang diterapkan dalam mendidik siswa disekolah Darud Da’wah Wal Irsyad Kota Palu yaitu ada dua, pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis. (1).Pola asuh otoriter adalah pola asuh yang ditandai dengan guru yang mendidik siswanya dengan keras, tegas dan cenderung lebih bersikap kaku karena memberi tekanan untuk patuh pada perintah seperti seorang siswa harus mengerjakan tugas jika tidak konsekuensinya siswa akan mendapat hukuman. (2).Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang ditandai dengan guru yang mendidik siswa dengan tegas dan selalu memberi dukungan penuh terhadap apa yang dilakukan oleh siswa seperti guru yang membebaskan siswa memilih model belajarnya sendiri. Dari pola asuh yang diterapkan guru terdapat perbedaan bentuk interaksi yang terjadi yaitu guru otoriter cenderung proses interaksinya lebih ke disosiatif karena menekankan hasil dan prestasi tanpa banyak pertimbangan sehingga rentang terjadi persaingan sebaliknya guru demokratis bentuk interaksinya lebih ke asosiatif karena adanya kerja sama yang terjadi antara guru dengan siswa, contohnya kesepakatan memilih cara belajar masing-masing. Kata kunci : Pola Asuh Guru, Bentuk Interaksi Sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up