JudulRelasi Sosial Dalam Pembentukan Motivasi Berprestasi Siswa SDN 04 Parigi Di Kelurahan Kampal, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: MUH RAFLI A |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Muh Rafli. A B20120079 “Relasi Sosial Dalam Pembentukan Motivasi Berprestasi Siswa SDN 04 Parigi Di Kelurahan Kampal, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong” di bawah Bimbingan Indah Ahdiah sebagai Pembimbing Utama dan Alimudin sebagai Pembimbing Pendamping. Tujuan penelitian : (1). Fenomena motivasi berprestasi yang di berikan oleh guru dan orang tua pada siswa (2). Lingkungan membentuk motivasi berprestasi siswa Pendekatan penelitian ini deskriptif kualitatif, berlokasi di Kelurahan Kampal, jumlah informan 6 orang yaitu 2 orang guru dan 4 orang tua wali siswa. penelitian ini menggunakan Teori Habitus yang diperkenalkan oleh Pierre Felix Bourdieu. Hasil penelitian ini menujukan bahwa (1). Fenomena Motivasi Berprestasi yang di berikan oleh Guru dan Orang Tua yang terdiri dari motivasi intrinsik dilihat pada minat, sikap, dan perilaku siswa yang merupakan suatu dorongan internal dari dalam diri siswa untuk belajar tanpa bergantung pada imbalan eksternal, dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan sekolah Sedangkan motivasi ekstrinsik terlihat pada Apresiasi atau penghargaan yang berupa pujian, piagam, atau hadiah yang diberikan oleh sekolah berfungsi sebagai pengakuan sosial yang memperkuat rasa percaya diri dan meningkatkan motivasi siswa. Begitu juga, perhatian dan dukungan dari orang tua, baik melalui pemberian apresiasi atas usaha belajar anak, mencukupkan semua kebutuhan belajar anak, maupun pemberian semangat saat menghadapi kesulitan, yang memperkuat motivasi eksternal dalam diri anak sehingga mendorong mereka untuk terus berprestasi; (2). Lingkungan membentuk motivasi berprestasi siswa yang terdiri dari lingkungan sekolah dengan penerapan habitus positif seperti, doa bersama, absensi rutin, budaya membaca, mengikuti lomba, dan pemberian penghargaan, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kompetitif secara sehat serta dapat membentuk karakter dan motivasi berprestasi siswa pada diri siswa Sedangkan lingkungan keluarga berperan dalam membentuk pola pikir, kebiasaan, dan nilai-nilai moral dalam diri siswa melalui perhatian, kedisiplinan, dan dukungan dari orang tua yang konsisten. Kata Kunci : Siswa, Prestasi, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga |