JudulINTERAKSI PENJUAL DAN PEMBELI SAYUR MASAK (STUDI KASUS PENJUAL SAYUR MASAK DI PALUPI) |
Nama: DWI WAHYUNI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Dwi Wahyuni, B 201 19 204, Interaksi Penjual Dan Pembeli Sayur Masak (Studi Kasus Penjual Sayur Masak Di Palupi). Dibimbing Oleh Suardin Abd Rasyid, (Pembimbing Utama), Dan Indah Ahdiah, (Pembimbing Pendamping) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interaksi antara penjual dan pembeli sayur masak. Lokasi penelitian ini bertempat di Kelurahan Palupi, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain menggunakan cara diatas, peneliti menggunakan penelitian pustaka dan penelitian lapangan untuk melengkapi tulisan ini, sehingga secara teoritis dapat dipertanggungjawabkan. Informan penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil dalam penelitian ini interaksi yang ada dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Dalam interaksi sosial asosiatif dapat berupa kerja sama yaitu kerja sama antar penjual sayur, penjual sayur dengan pelanggan,dan asimilasi yang terjadi di penjual sayur di Palupi dapat dilihat pada keseharian penjual sayur ketika melakukan transaksi jual beli dan mayoritas penjual sayur di palupi juga beragam suku sedangkan interaksi sosial disosiatif dapat berupa persaingan yang dapat dilihat dari ketika penjual sayur saling berebut perhatian pelanggan, persaingan tersebut dapat bersifat pribadi maupun bersifat kelompok namun lebih cenderung pada persaingan pribadi, kontravensi yang dapat memicu konflik antar penjual. Kata kunci : Interaksi, Penjual sayur , Pembeli sayur |