Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENDIDIKAN DALAM PANDANGAN SUKU LAUJE DI DESA PEBOUNANG KECAMATAN PALASA KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: ASNA
Tahun: 2025
Abstrak
Asna, B 201 19 174 “PENDIDIKAN DALAM PANDANGAN SUKU LAUJE DI DESA PEBOUNANG KECAMATAN PALASA KABUPATEN PARIGI MOUTONG.” Skripsi, Program Studi Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Zaiful dan Alimudin Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami pandangan masyarakat Suku Lauje terhadap pendidikan di Desa Pebounang, Kecamatan Palasa, Kabupaten Parigi Moutong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap 7 informan, termasuk kepala desa, pegawai negeri, dan warga setempat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan di Desa Pebounang sudah mengalami perkembangan yang signifikan, dengan tersedia fasilitas pendidikan dan Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Pertama. Masyarakat menunjukan dukungan yang kuat terhadap pendidikan, bahkan bersedia menghibahkan tanah untuk pembangunan sekolah. Pandangan masyarakat Suku Lauje terhadap pendidikan saat ini sangat positif, mereka menyadari bahwa pendidikan dapat meningkatkan taraf hidup serta memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, peneliti juga menemukan bahwa masih terdapat tantangan yang dihadapi masyarakat, seperti keterbatasan akses dan pandangan tradisonal yang mengutamakan pekerjaan di ladang dibandingkan dengan pendidikan formal. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya pendidikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Pebounang serta pergeseran pandangan yang terjadi seiring dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat pendidikan. Kata Kunci : Pendidikan, Pandangan Suku Lauje, Desa Pebounang

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up