JudulFenomena Modal Sosial Warung Sari Laut Di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore |
Nama: NURFADILLAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Nurfadillah, B 201 19 170, FENOMENA MODAL SOSIAL WARUNG SARI LAUT DI KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE. Dibimbing oleh Hadisuddin Bolong, (Pembiming Utama), dan Ahmad Sinala, (Pembimbing Pendamping). Penelitian ini bertujun untuk mengetahui fenomena modal sosial Warung Sari Laut di Kelurahan Tondo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan prosedur penelitian yang dijelaskan secara deskriptif. Terkait dengan itu ditempuh proses metodologi yang terdiri dari Penelitian Pustaka dan Penelitian Lapangan yang terdiri atas: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Infoman Dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 5 (lima) orang yang ditetapkan secara Purposive. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan diperoleh hasil bahwa modal sosial menjadi salah satu sebab berkembangnya Warung Mas Fahri Sidomulyo hingga memiliki dua cabang. Modal sosial yang digunakan meliputi aspek kepercayaan (trust), norma dan jaringan. Aspek utama dalam modal sosial yang diterapkan adalah kepercayaan. Kepercayan yang dibangun antara pemilik dan penyuplai bahan-bahan pokok dan bahan tambahan yaitu dengan mempercayakan bahan-bahan yang dibutuhkan kepada para penyuplai bahan dengan berlangganan dengan mereka. Kemudian kepercayaan antara pemilik warung dengan pekerja yang dibangun dengan cara memberikan kepercayaan kepada pekerja untuk membantu bertanggunjawab dalam mengurusi salah satu warung Mas Fahri Sidomulyo. selanjutnya kepercayaan yang dibangun oleh pemilik dan pekerja terhadap pelanggan dengan cara memberikan kenyamanan berupa kebersihan, sikap yang ramah, sopan dan komunikasi yang baik terhadap pelanggan. Kemudian aspek kedua adalah norma yang diterapkan dan menjadi panduan dalam membangun ataupun mengembangkan usaha. Norma yang diterapkan pada Warung Mas Fahri Sidomulyo adalah norma yang sifatnya spontan rasional berdasarkan pertukaran sosial atau resiprositas. Selanjutnya aspek ketiga adalah modal sosial yang digunakan adalah jaringan sosial. Dalam membangun sebuah jaringan untuk mengembangkan usaha Warung Mas Fahri, maka pemilik membangun jaringan dengan cara bergabung disalah satu komunitas yang menghimpun para pelaku usaha yang serupa. Selain itu jaringan yang dibangun adalah jaringan pemasaran. Jaringan ini dibangun oleh para pekerja di warung ini dengan cara membangun kedekatan atau hubungan akrab dengan para pelanggan sehingga memungkinkan pelanggan mengajak kerbat atau keluarganya untuk berbelanja makanan di warung ini. Kata Kunci: Modal Sosial, Kepercayaan, Norma dan Jaringan. |