Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulModal Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Didesa Palasa Lambori Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong
Nama: MOH. RAHMAT
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Moh Rahmat B20 119 164 “ Modal Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Di Desa Palasa Lambori Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong”. dibimbing oleh Hadisuddin Bolong dan Moh Saleh. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Modal Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan Pendidikan anak Di Desa Palasa Lambori Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengunakan metode Penelitiam kualitatif dengan tipe penelitian deskirptif. dalam proses penelitian ini peneliti juga mengunakan teknik pengumpulan data berupa obserfasi, wawancara, dan dokumentasi, Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang Neleyan yang sudah berkerja sebagai nelayan antara 20 sampai 50 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran modal sosial yaitu hubungan sosial, jaringan solidaritas, dan kepercayaan yang ada dalam komunitas nelayan dalam meningkatkan pendidikan anak-anak mereka. Modal sosial yang terbangun melalui ikatan kekeluargaan, organisasi masyarakat, dan kolaborasi antar nelayan memiliki potensi untuk mendukung pendidikan anak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jaringan sosial ini dapat menyediakan akses informasi, sumber daya, serta peluang untuk mendukung pendidikan anak-anak nelayan di Desa Palasa Lambori, seperti beasiswa,dan program pelatihan keterampilan. Meskipun ada keterbatasan ekonomi, modal sosial yang kuat di dalam komunitas nelayan dapat memfasilitasi peningkatan kualitas pendidikan anak-anak mereka. Komunitas yang saling mendukung cenderung lebih berhasil menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar, dengan adanya kerjasama dalam pengadaan alat sekolah, penyediaan bimbingan belajar, serta kolaborasi dengan lembaga pendidikan lokal. Secara keseluruhan, modal sosial terbukti memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat nelayan. Oleh karena itu, pengembangan dan pemberdayaan modal sosial dalam komunitas nelayan menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak mereka, yang pada gilirannya dapat membuka peluang lebih luas untuk kesejahteraan sosial dan ekonomi di masa depan. Kata Kunci: Modal Sosial, jaringan sosial, Pendidikan. iv

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up