Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERILAKU PENGGEMAR FILM ANIMASI JEPANG (STUDI KASUS KOMUNITAS NEO ANIME LOVERS PALU DAN PLUTONIUM COSPLAY PALU)
Nama: MOH. ALDI
Tahun: 2024
Abstrak
MOH. ALDI, NIM. B 201 19 033, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Judul penelitian ini adalah “Perilaku Penggemar Film Animasi Jepang (Studi Kasus Komunitas Neo Anime Lovers Palu dan Plutonium Cosplay Palu”. Dibimbingan oleh Bapak Andi Maddukelleng sebagai pembimbing utama dan Bapak Jamaluddin sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif dengan melakukan wawancara kepada 6 informan yang tergabung dalam Komunitas Neo Anime Lovers Palu dan Plutonium Cosplay Palu dengan teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dijabarkan atau dideskripsikan dan dianalisis menggunakan teori konsumerisme oleh Jean P. Boudrilard. Adapun hasil penelitian ini adalah 1)Gaya hidup ke-enam informan yang tergabung dalam kedua komunitas tersebut sangat menunjukan minat yang mendalam pada anime. Mereka menganggap bahwa kecintaan pada anime sangat tersalurkan melalui aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan. 2)Faktor pendorong terjadinya perilaku konsumtif diantaranya Rasa antusias, faktor yang dimaksud ini adalah mengikuti kegiatan konvensi anime atau acara cosplay dengan berperan atau berpakaian seperti tokoh pada anime tersebut. Faktor kedua yaitu tanda, tanda yang dimaksud ini adalah identitas informan sebagai penggemar anime yang tergabung di dua komunitas tersebut. Faktor terakhir yaitu persaingan positif antar penggemar anime atau komunitas. Faktor ini didasari rasa persaingan yang sehat para penggemar anime maupun antar komunitas dengan mengekspresikan kecintaan mereka pada anime melalui seni dan cosplay. Kata Kunci : Anime Jepang, Penggemar Anime, Konsumerisme

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up