JudulPERSEPSI KELUARGA ETNIS BAJO PADA PENDIDIKAN DI DESA BUNGINGKELA KECAMATAN BUNGKU SELATAN KABUPATEN MOROWALI |
Nama: KUSMAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Kusman, B 201 17 080, Persepsi Keluarga Etnis Bajo Pada Pendidikan Di Desa Bungingkela Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali, dibimbing oleh Hasan Muhamad dan Indah Ahdiah Penelitian ini bertujuan: 1.) Untuk mengetahui persepsi Etnis Bajo pada pendidikan di Desa Bungingkela Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali; 2.) Untuk mengetahui keterlibatan anak Etnis Bajo dalam aktivitas keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliput observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Bungingkela Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali. Serta informan penelitian sejumlah 6 orang yang ditetapkan secara Purposive dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Persepsi Etnis Bajo pada Pendidikan di Desa Bungingkela Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali adalah; a) Pendidikan itu penting yaitu kegiatan yang bermakna tinggi; b) Pendidikan bisa menjadi sarana mencari pekerjaan; c) Pendidikan membuka pikiran dan pergaulan; d) Pendidikan bisa menghasilkan partisipasi untuk pembangunan desa. 2.) Keterlibatan anak Etnis Bajo dalam aktivitas keluarga mencakup; a) Keterlibatan seorang anak dalam membantu keluarga tidak sama atau berbeda sesuai tingkat usia anak masing-masing; b) Anak-anak masyarakat Etnis Bajo membantu orang tuanya bekerja dikebun juga hanya pada waktu tertentu seperti, pada saat orang tua akan membuka kebun; c) Anak-anak akan di bawa ke laut apabila lokasinya masih berada disekitar perkampungan atau dalam waktu beberapa jam dan untuk yang membutuhkan waktu berhari-hari atau dalam bahasa Bajo dinamakan Bapongka’ biasa ditemani oleh orang yang sudah dewasa baik dari saudara ataupun tetangga. Kata Kunci: Persepsi, Pendidikan, Keluarga, dan Etnis Bajo |