JudulPENDIDIKAN ANAK KELUARGA MISKIN DAN PENDIDIKAN ANAK KELUARGA KELAS MENENGAH DI DESA MANGGALA KECAMATAN MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR |
Nama: ESMIATI MARBUN |
Tahun: 2019 |
Abstrak Esmiati Marbun. B 201 14 095, Pendidikan Anak Keluarga Miskin dan Pendidikan Anak Keluarga Kelas Menengah di Desa Manggala Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur, di bimbing oleh Hadisuddin Bolong dan Kadir Patta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan anak pada keluarga miskin dan pendidikan anak pada keluarga kelas menengah di Desa Manggala. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif tipe deskriptif. Dalam proses penelitian ini, juga penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah 8 KK(Kepala Keluarga) yaitu empat dari keluarga miskin dan empat keluarga kelas menengah disamping itu juga peneliti menggunakan satu informan kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran pada keluarga tentang pendidikan sudah relatif baik akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat menghambat pendidikan anak mereka, salah satu diantaranya adalah rendahnya pendapatan dalam keluarga, pergaulan anak, penggunaan teknologi yang berpengaruh negatif pada anak dan pendidikannya. Perbedaan antara keluarga miskin dan keluarga kelas menengah, salah satu diantaranya keluarga miskin mempunyai keinginan yang tinggi untuk bersekolah sedangkan anak-anak dari keluarga kelas menengah hanya sebagian yang mempunyai keinginan untuk bersekolah. Tetapi jika dilihat dari fasilitas dan prasarana keluarga menengah termasuk mencukupi hanya saja anak-anaknya tidak memanfaatkan fasilitas yang ada. Kata Kunci: Keluarga, Pendidikan, Anak |