JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBERLAKUAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI DI KOTA PALU |
Nama: SINTIADEWI MATEKA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Mohammad Iqbal Andi Magga. No. Stb. B10323004. Efektivitas Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia dalam Pelayanan Publik di Pemerintah Daerah Kota Palu. Promotor, Daswati, Ko Promotor I Moh. Irfan Mufti, dan Ko Promotor II Nasrullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis efektivitas pengawasan Ombudsman dalam pelayanan publik di Pemerintah Daerah Kota Palu. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan konsep baru terkait efektivitas organisasi dalam pengawasan pelayanan publik di Kota Palu. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penbelitian ini berasal dari internal ombudsman republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kota Palu, dan Lembaga Swadaya Masyarakat Pemerhati pelayanan publik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengawasan Ombudsman di Kota Palu belum berjalan efektif disebabkan oleh beberapa hal seperti pada aspek perspektif sistem dimana Ombudsman tidak memiliki wewenang melakukan tindakan memaksa seperti ajudikasi khusus, sementara pada tekanan perilaku, belum terlihat komitmen stakeholder, terutama organisasi pelayanan public di Kota Palu untuk menjalankan rekomendasi ombudsman secara transparan dan akuntabel.. Kata kunci: Pengawasan, Maladministrasi, Pelayanan Publik, Ombudsman. |