Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH DETERMINAN SOSIAL MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu)
Nama: SUDIRMAN
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh determinan sosial mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Undata. Sampel sebanyak 97 pasien rawat inap yang dirawat minimal 2x24 jam. Teknik analisis data yaitu Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis data menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi sosial akses dan kualitas pendidikan, akses kualitas pelayanan kesehatan, stabilitas ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan, untuk dimensi konteks sosial dan komunitas, pembangunan lingkungan berpengaruh terhadap mutu pelayanan. Mutu pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Akses dan kualitas pendidikan, akses dan kualitas pelayanan kesehatan, konteks sosial dan komunitas, stabilitas ekonomi tidak berpengaruh terhadap kepuasan, dan dimensi pembangunan lingkungan berpengaruh terhadap kepuasan. Pada dimensi Akses dan kualitas pendidikan, akses dan kualitas pelayanan kesehatan, stabilitas ekonomi melalui mutu pelayanan sebagai variabel intervening tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Dan dimensi konteks sosial dan komunitas serta dimensi pembangunan lingkungan melalui mutu pelayanan sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap kepuasan di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan nilai survei kepuasan masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu sebesar 3,09 atau dengan kinerja unit pelayanan baik. Kata Kunci : Determinan Sosial, Mutu Pelayanan, Kepuasan, Rumah Sakit

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up