Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BERDASARKAN PERSPEKTIF MEDIA BARU
Nama: MUZNI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model komunikasi pembelajaran berdasarkan perspektif media baru dan untuk menjelaskan implementasi teknologi dalam komunikasi pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah, serta untuk menjelaskan implikasi teknologi dalam proses pembelajaran berdasarkan prespektif media baru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Unit analisis pada penelitian ini adalah MTs Negeri 1 Kota Palu dan MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu. Informan penelitian yakni kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, mengacu pada kebijakan pemerintah yang meng-aplikasikan proses digitalisasi pada madrasah, sehingga terjadi interaksi antara guru ke siswa, siswa ke guru, maupun antara sesama siswa, sehingga terjalin komunikasi interaktif dengan ditunjang aplikasi digitalisai e-learning madrasah. Kedua, Implementasi teknologi dalam komunikasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah yakni pembelajaran dengan menggunakan notebook, komputer maupun android akan memberikan motivasi yang tinggi, karena penggunaannya dikaitkan dengan kesenangan dan kreativitas. Penggunaan sistem digital terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa karena tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti pembelajaran, yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan cara yang lebih fleksibel dan menyenangkan. Media baru dapat dimanfaatkan untuk menarik minat siswa dalam belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Ketiga, Era media baru saat ini yang ditandai dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sangat dirasakan kebutuhan pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran. Media baru merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi pendidik dan peserta didik agar belajar lebih luas, lebih banyak dan juga bervariasi, siswa dapat belajar secara mandiri, kapan dan dimana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Olehnya para pendidik harus mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan dengan mengoptimalkan penggunaan media baru. Kata Kunci: Model Komunikasi, Pembelajaran, Perspektif Media baru.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up