JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI DATOKARAMA PALU |
Nama: SJAKIR LOBUT |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sjakir Lobud, stambuk B 103 21 013, Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter di Universitas Islam Negeri Datokarama Palu. Program Studi Doktor Ilmu Sosial Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Promotor: Muhammad Khairil, Ko-Promotor: Nawawi Natsir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengungkapkan apakah kebijakan pendidikan karakter dapat diimplementasikan secara efektif di UIN Datokarama Palu. Metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Universitas Islam Negeri Datokarama Palu. Informan sebanyak 7 orang dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori George C. Edward III (2010:96-110) dengan melihat empat faktor keberhasilan implementasi kebijakan yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan hanya tiga faktor yang cukup efektif yakni faktor komunikasi, disposisi, dan struktur birokrasi. Sedangkan faktor sumber daya cenderung kurang efektif karena dari empat elemen sumber daya yang dikaji ternyata dua elemen tidak efektif yakni secara kuantitas jumlah staf (sumber daya manusia) relatif minim. Demikian pula fasilitas yang diharapkan menunjang keberhasilan implementasi kebijakan pendidikan karakter masih belum sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Faktor penyebabnya antara lain terbatasnya formasi pengangkatan dosen baru dan terjadinya bencana alam gempa, tsunami dan likuifaksi yang menerpa Kampus Universitas Islam Negeri Datokarama Palu. Novelty atau kebaruan dalam penelitian ini yakni implementasi kebijakan pendidikan karakter tidak sekedar hanya dipandang sebagai pelaksanaan tugas pokok para implementor tetapi juga dimaknai sebagai suatu ibadah yang dapat menjadi sumber amal jariah. Kata Kunci : Implementasi, kebijakan, pendidikan karakter. |