JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-PARKING PENGELOLAAN PARKIR MODERN DI BANDARA MUTIARA SIS AL-JUFRI PALU |
Nama: FACHRUL REZA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Fachrul Reza, Stambuk B 103 21 004, Judul Disertasi : Implementasi Kebijakan E-Parking Pengelolaan Parkir Modern Di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu. Dibimbing oleh Muhammad Nur Ali sebagai Promotor dan Nasir Mangngasing sebagai ko-promotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Implementasi Kebijakan E-Parking dalam Pengelolaan Parkir Modern Di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini pada bandara mutiara sis al-jufri palu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh Grindle (1980). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Dari Konten Kebijakan (isi kebijakan) terlihat bahwa hanya indikator pelaksanaan program yang berjalan disebabkan dalam prosesnya melibatkan pihak ketiga yang memahami pelaksanaan e-parking. Tetapi pada indikator Kepentingan yang dipengaruhi terlihat belum berjalan dengan baik karena hanya focus pada program fasilitas infrastruktur elektronik penunjang penggunaan kartu E-Parkir, pada indikator Tipe Manfaat belum berjalan disebabkan perlu adanya peningkatan lebih dari segi infrastruktur, pada indikator Derajat Perubahan terlihat kurangnya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan pihak pengelola bandara, pada indikator Kedudukan pembuat kebijakan terlihat bahwa tarif kartu cukap mahal bagi sebahagian masyarakat, serta pada indikator Sumber daya terlihat kurang dari segi sumber daya manusia atau pelaksana e-parking di bandara. Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah Pihak bandara Mutiara sis al-jufri perlu menekankan bahwa konten atau isi kebijakan yang telah disusun dalam kebijakan pengelolaan e-parking harus dapat diimplementasikan dengan baik Pihak bandara Mutiara sis al-jufri kota palu perlu meningkatkan SDM pegawai sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Adapun pada Konteks Kebijakan (Lingkungan Implementasi) terlihat bahwa seluruh indikator tidak berjalan dengan baik, pada indikator Kekuatan, keputusan, strategi dari pelaku actor terlihat bahwa mereka terkesan mengabaikan masyarakat selaku pihak yang menerima dampak suatu kebijakan, pada indikator Karakteristik Institusi dan Penguasa terlihat bahwa pihak bandara terkesan tidak mau disalahkan jika terdapat kegagalan dalam proses implementasi kebijakan memperlihatkan adanya sikap arogan dari Sebagian pelaskana kebijakan, dan pada indikator Kepatuhan dan Daya Tanggap belum berjalan dengan baik disesbabkan kurangnya kepatuhan masyarakat dalam mematuhi kebijakan e-parking dan kurangnya daya tanggap pegawai e-parking. Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah Pihak bandara Mutiara sis al-jufri harus menurunkan ego seluruh implementor kebijakan agar dapat mengimplementasikan kebijakan e-parking dengan baik. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Konten Kebijakan, Konteks Kebijakan, E-Parking |