Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHEGEMONI MOMPAU MPODAGO DALAM PEMBELAJARAN SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN POSO
Nama: SARTIKA ANDI PATAU
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Sartika Andi Patau. 2023. Hegemoni Mompau Mpodago Dalam Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Poso. Promotor: Daud Karel Walanda, Ko-Promotor: Siti Chariah Ahsan. Penelitian ini bertujuan : 1) Menganalisis hegemoni mompau mpodago dalam pembelajaran tingkat Sekolah Dasar di kabupaten Poso; 2) Menganalisis proses hegemoni mompau mpodago dalam pembelajaran tingkat Sekolah Dasar di kabupaten Poso; dan 3) Menganalisis kegunaan budaya dalam proses hegemoni bagi guru dan siswa tingkat Sekolah dasar di kabupaten Poso. Untuk menjawab dan menganalisis permasalahan penelitian ini dilakuan dengan pendekatan kualitatif deskriptif menurut David Silverman. Lokasi penelitian ini di kabupaten Poso berfokus pada SDN 7 Poso Kota, SDN 6 Tabalu dan SD GKST 2 Tentena. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, angket dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri atas: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan: 1) Analisis hegemoni mompau mpodago dalam pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar di kabupaten Poso: (1) Perencanaan hegemoni mompau mpodago dilakukan oleh guru melalui penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (2) Hegemoni mompau mpodago yang di lakukan guru adalah dengan menerapkan aspek sopan santun, kerjasama dan etika. (3) Penerapan prinsip sopan santun dengan nilai-nilai : kearifan, kedermawanan, pujian, kerendahan hati, kesepakatan dan simpati dilakukan dengan baik oleh guru kepada siswa pada setiap langkah-langkah pembelajaran yaitu : kegiatan pembuka, kegiatan penutup dan kegiatan inti; (4) penerapan prinsip kerja sama dengan nilai-nilai : kuantitas, kualitas, hubungan dan cara dilakukan dengan baik oleh guru kepada siswa pada setiap langkah-langkah pembelajaran yaitu kegiatan pembuka, kegiatan penutup dan kegiatan inti, dan (5) hegemoni mompau mpodago dikatakan berhasil karena mencapai aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. 2) Analisis proses hegemoni mompau mpodago dalam pembelajaran siswa tingkat Sekolah Dasar di kabupaten Poso adalah: aspek sopan santun dan aspek kerja sama dengan masing-masing nilai yang tekandung mendapat hasil sama yaitu siswa yang menjawab ya diatas 28 siswa artinya nilai nilai dari aspek sopan santun dan aspek kerjasama diterapkan dengan baik pada siswa. Dan 3) Analisis kegunaan budaya dalam proses hegemoni mompau mpodago bagi guru dan siswa tingkat Sekolah dasar di kabupaten Poso adalah melalui indikator etika, sopan santun and berwibawa : (1) Pada guru adalah aspek etika, sopan santun and berwibawa memiliki penjelasan yang sama yaitu dilakukan oleh 2 guru, dan (2) Pada siswa adalah aspek etika direspon oleh 35 siswa, aspek rasa hormat oleh 33 siswa dan aspek sopan santun 30 siswa. Kata Kunci Hegemoni Mompau Mpodago Pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up