JudulMODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KOTA PALU |
Nama: JAMALUDDIN M. ARIF |
Tahun: 2023 |
Abstrak Jamaluddin M. Arif, B10320002. Model Komunikasi Pembelajaran Daring masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Palu. Disertasi ini (dibawah bimbingan Muhammad Khairil dan Ilyas Lampe). Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui dan menganalisis konseptualisasi Pembelajaran daring pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Palu, 2) Mengetahui dan menganalisis tentang model komunikasi dalam pembelajaran daring di Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Palu, dan 3) Mengetahui dan menganalisis Pola pembelajaran daring apakah yang di harapkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Unit analisis pada penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Palu dan SMK Negeri 5 Palu. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, pengurus komite, orang tua/wali, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama; konseptualisasi pembelajaran daring mengacu pada surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), bahwa proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kedua, model komunikasi dalam pembelajaran daring dominan satu arah dengan skema adanya regulasi dari Pemerintah tentang pembelajaran daring secara teknis di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan menggunakan aplikasi online yakni melalui whatsapp, cloud-x, zoom, google classroom, google meet dengan tujuan siswa tetap aktif belajar dan menerima materi pembelajaran meskipun dalam situasi pandemi. Ketiga, pola pembelajaran daring yang diharapkan siswa adalah yang bervariasi, menyenangkan, menggembirakan dan menarik, yakni adanya selingan dalam proses pembelajaran daring dalam bentuk game, sehingga siswa memiliki semangat untuk tetap fokus belajar. Kata Kunci: Model Komunikasi, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi Covid-19 |