JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK (Studi Di Biro Administrasi Umum Akademik Dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Palu) |
Nama: SAMINTANG |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Samintang, stambuk B 103 18 006. Judul Disertasi Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik (Studi di Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Palu). Disertasi, Program Doktoral Ilmu Sosial Pascasarjana Universitas Tadulako. Promotor Prof. Dr. H. Juraid, M.Hum dan Ko-Promotor Dr. Daswati, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mengungkapkan kualitas pelayanan administrasi akademik di Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Palu. Metode Penelitian Kualitatif.Lokasi Penelitian dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri Palu sebanyak 9 orang, dimana 6 orang dipilih secara purposive dan 3 orang secara sampling insidental. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Teori utama yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori Parasuraman (2001:26) dengan melihat 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati dan keandalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dua dimensi kualitas pelayanan administrasi akademik yakni daya tanggap dan empati yang telah sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan kualitas pelayanan administrasi akademik dari dimensi jaminan, bukti fisik, dan keandalan belum sesuai yang diharapkan. Faktor penyebabnya ketersediaan sarana dan prasarana yang diharapkan mendukung pelayanan administrasi akademik belum memadai dan jumlah pegawai yang bertugas untuk memberikan pelayanan sangat tidak proporsional dibandingkan dengan volume layanan atau pekerjaan yang harus diselesaikan. Akibatnya, kadang-kadang pelayanan tidak selesai tepat waktu dan bahkan tertunda hingga beberapa hari. Novelty atau kebaruan dalam penelitian ini yakni selain kualitas pelayanan administrasi akademik dikaji dari 5 dimensi, juga pada tataran implementasi pelayanan administrasi akademik di Institut Agama Islam Negeri Palu diterapkan prinsip-prinsip islami dengan memaknai pemberian pelayanan sebagai ibadah. Kata Kunci : Kualitas, pelayanan, administrasi akademik. |