Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SMA KOTA PALU
Nama: MUHLIS SPD MSI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Muhlis. 2020. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan SMA di Kota Palu. Disertasi. Program Ilmu Ilmu Sosial, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Promotor: Fathurrahman, Ko Promotor: Mustainah, Ko Promotor: Nurhannis. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengembangan kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk mencapai SNP SMA di Kota Palu. 2) Menganalisis pemberdayaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk mencapai SNP SMA di Kota Palu. 3) Menganalisis kepuasan bawahan terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk mencapai SNP SMA di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dilaksanakan di SMA Kota Palu dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan pendekatan interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan, condentation, display, dan kesimpulan. Hasil dan pembahasan penelitian sebagai berikut: 1) Aspek pengembangan dalam kepemimpinan transformasional telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam upaya mencapai SNP. Implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada Standar Sarana dan Prasarana bersifat mengikuti dan melaksanakan petunjuk struktural (sarana yang dibangun sudah ditentukan dari pusat dan dinas pendidikan) dan kepala sekolah hanya memasukkan persyaratan administrasi. Dari 8 SNP, pengembangan yang dilakukan kepala sekolah melibatkan semua stakeholder kecuali siswa yang belum dilibatkan pada Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan; 2) Aspek pemberdayaan dalam kepemimpinan transformasional telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam upaya mencapai SNP. Implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada Standar Sarana dan Prasarana bersifat pemeliharaan. Dari 8 SNP, pemberdayaan yang dilakukan kepala sekolah melibatkan semua stakeholder kecuali siswa yang belum dilibatkan pada Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan; dan 3) Implementasi kepemimpinan transformasional kepala SMA di kota Palu telah memberikan kepuasan kepada semua stakeholder, seperti; guru, tata usaha, komite sekolah/orang tua siswa, dan siswa. Kata Kunci: Kepemimpinan, Pengembangan, Pemberdayaan, dan Kepuasan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up