Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI POLI PENYAKIT DALAM RSUD UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH
Nama: FRANCISCUS SAVERIS RISAL LEMBANG
Tahun: 2025
Abstrak
Franciscus Saveris Risal L, B 102 23 045, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Poli Penyakit Dalam Rsud Undata Provinsi Sulawesi Tengah”. Dibimbing oleh Mustainah M., dan Muhammad Nawawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Poli Penyakit Dalam RSUD Undata, Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksplanatoris atau penjelasan. Untuk teknik penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin, dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 96 orang responden, dan untuk teknik penetuan sampel pada penelitian ini ialah melalui teknik Purpossive Sampling. Untuk teknik pengumpulan data melalui observasi, studi kepustakaan (Library Research), dan studi lapang (Field Research). Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedasititas, uji multikolinieritas, analisis deskriptif, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan kesehatan melalui dimensi responsiveness (ketanggapan), reliability (kehandalan), assurance (jaminan), empathy (kepedulian) dan tangible (bukti nyata) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Poli Penyakit Dalam RSUD Undata, yang mana besarnya pengaruh secara parsial pada masing-masing dimensi dilihat dari nilai koefisien yang dihasilkan, seperti ketanggapan sebesar 2,129, Kehandalan sebesar 2,366, jaminan sebesar 2,151, kepedulian sebesar 2,067, dan bukti nyata sebesar 3,795. Secara simultan kualitas pelayanan kesehatan signifikan terhadap kepuasan peserta JKN, yang mana dari hasil analisis koefisien determinan (R2) menunjukan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh sebesar sebesar 83,2% terhadap kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional. Tetapi untuk sisanya sebesar 16,8?rada pada variabel lain di luar dari variabel Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty dan Tangible. Kata Kunci : JKN, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Undata

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up