JudulKUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: SUPRIADI MALA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini mengkaji Kualitas Pelayanan Pengurusan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Tojo Una-Una. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penarikan informan menggunakan purposive. Teori yang digunakan yaitu teori dari Zethmal, Parasuraman dan Berry, yang terdiri dari 5 (Lima) aspek yaitu: tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa Kualitas Pelayanan Pengurusan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, relatif belum efektif, yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai seperti komputer yang digunakan masih belum sesuai dengan kebutuhan, serta jaringan wifi yang sering bermasalah. Pelayanan yang diberikan belum sepenuhnya mengacu pada standar operasional prosedur. Kecepatan pengurusan kenaikan pangkat relatif masih mengalami banyak masalah. Jaminan yang diberikan aparat kepada para pemohon belum tepat waktu. pelayanan yang diberikan tidak diskriminatif dan aparat selalu memberikan pelayanan sopan dan ramah. Dengan demikian, dari kelima aspek kualitas pelayanan di atas masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan bisa lebih maksimal. |