JudulKINERJA PUSTAKAWAN DALAM PELAYANAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: NENNY TRIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Nenny Triani (B10223032), dengan judul Tesis : Kinerja Pustakawan Dalam Pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una. Dibawah bimbingan Syahruddin Hattab, (Ketua Tim Pembimbing) dan Nuraisyah, (Anggota Tim Pembimbing). Latar Belakang dan Tujuan Penelitian, adalah untuk menganalisis tentang Kinerja Pustakawan dalam Pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una serta untuk menjelaskan faktor penghambat kinerja pustakawan dalam pelayanan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan sumber data kepada orang informan. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu wawancara dengan informan yang terlibat langsung dengan kegiatan pelayanan perpustakaan tersebut, untuk mengetahui kinerja sebagaimana indicator berdasarkan teori Sedarmayanti. Hasil penelitian menunjukkan kinerja pustakawan dalam jika dilihat dari indikator kinerja sesuai teori yang digunakan, masih terdapat faktor penghambat Kinerja Pustakawan dalam Pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una yaitu dari aspek indicator kualitas kerja dan aspek indicator kemampuan, hal tersebut dapat terlihat dari masih kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh petugas yang berada di Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, sehingga menyebabkan ketidak seimbangan layanan yang diterima oleh pengunjung perpustakaan yang berpengaruh terhadap kualitas kinerja yang dihasilkan. Dalam konteks Ketepatan Waktu, Inisiatif dan Komunikasi petugas pelayanan perpustakaan sudah cukup efektif dalam melayani pengunjung perpustakaan. Kata Kunci : Kinerja, Pustakawan, Pelayanan. ABSTRACT Nenny Triani (B10223032), with thesis title : Performance of Librarians in Services at The Regional Library and Archives Service of Tojo Una-Una Regency. Under the guidance of Syahruddin Hattab, (head of the Advisory Team) and Nuraisyah, (Member of the Advisory Team). The background and objectives of the research are to analyze the performance of librarians in services at the Regional Library and Archives Service of Tojo Una-Una Regenci and to explain the factors inhibiting the performance of librarians in services. The research method uses a qualitative approach with descriptive research type. Data was collected from the source of the data to the informant. The sample was determined using data collection techniques, interviews and documentation. Data analysis uses descriptive analysis, namely interviews with informants who are directly involved in library service activities, to determine performance as indicators based on Sedarmayanti’s theory. The results of the research show that the performance of librarians in terms of performance indicator according to the theory used, there are still factors inhibiting the performance of librarians in services at the Regional Library and Archives of Tojo Una-Una Regency, namely from the aspect of work quality indicators and aspects of ability indicators, this can be seen from the lack of competence possessed by officers in the Regional Library and Archives of Tojo Una-Una Regency, thus causing an imbalance in the services received by library visitor which influences the quality of performance produced. In the context of punctuality, initiative and communication, library service officers are quite effective in serving library visitors. Keywords : Performance, Librarian, Service. |