JudulKUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: SAFITRI RAHMADANI A. TOBEKI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Safitri Rahmadani A Tobeki, B10223030. Pembimbing Muh. Nawawai dan Nasrullah dengan judul Tesis Kualitas Pelayanan Pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan dalam Pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang disusun berdasarkan aturan tertentu dalam konteks nyata, yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara sistematis dan akurat. Penentuan informan berdasarkan Aksidental yaitu peneliti akan memilih orang-orang yang melakukan pembuatan E-KTP pada saat penelitian dilaksanakan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan dokemntasi. Teori yang digunakan mengacu pada konsep yang dikemukakan oleh Zeithaml, Parasuraman, dan Berry, sebagaimana dikutip dalam Pasolong (2007:135), yang mencakup 5 (lima) indikator utama, yaitu: tampilan fisik, kehandalan, resposivitas, jaminan, dan empati. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terkait Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una, dapat disimpulkan bahwa dari 5 (lima) aspek yang dinilai, yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy, 3 (tiga) aspek telah berjalan dengan optimal, yaitu Tangible, Reliability, dan Responsiveness. Sementara 2 (dua) aspek yang belum berjalan dengan optimal yaitu Assurance dan Empathy tidak berjalan dengan optimal. Dinilai belum optimal karena masih terdapat beberapa pegawai yang memperlihatkan tindakan diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kata Kunci: Kenampakan Fisik, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati. |