JudulANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLIKLINIK GIGI DAN MULUT UNIT PELAKSANA TEKNIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: ABRIANTO |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Abrianto, B10222100. Pembimbing Ibu Daswati dan Bapak Nurhannis dengan judul Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Kesehatan di Poliklinik Gigi dan mulut Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata disusun dalam kalimat, misalnya kalimat hasil wawancara antara peneliti dan informan mengenai suatu keadaan dari Kualitas Pelayanan kesehatan di Poliklinik Gigi dan Mulut Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Dasar penelitian adalah kualitatif untuk mendapatkan data yang lebih akurat mengenai fenomena-fenomena tentang pelayanan Kesehatan di Poliklinik Gigi dan mulut. Teori yang digunakan untuk mengetahui kualitas pelayanan merupakan teori dari Zeithaml, Parassuraman dan Berry (Muninjaya, 2011) yang meliputi lima indikator, yaitu Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empaty (Perhatian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Kesehatan di Poliklinik Gigi dan mulut Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah cukup baik, dapat dilihat dari beberapa hasil wawancara dengan 5 orang pasien dan 1 penanggung jawab Poliklinik yang sudah dijalankan dengan baik. Adapun indikator yang belum maksimal yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), dan Assurance (Jaminan). Kata Kunci: Bukti Fisik, Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati. |