JudulKUALITAS PELAYANAN PADA BIRO AKADEMIK KEMAHASISWAAN DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: NURLELA SADU |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nurlela Sadu, Nomor Stambuk B102 22 092, dengan judul penelitian, Kualitas Pelayanan Pada Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Abdul Rivai selaku pembimbing utama dan Muh Nawawi selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan pada Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan Universitas Tadulako. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif. Lokasi penelitian di Kantor Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Universitas Tadulako. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman dalam Herdiansyah (2015) dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Parasuraman et all., (1988) dengan melihat Lima perspektif, yaitu Keandalan (reliabiliti), Daya Tanggap (responsivenes), jaminan (assurance), Empati (empathy), dan Bukti Nyata (tangible). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pada Biro pada Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) belum sepenuhnya efektif, dikarenakan dari lima kualitas pelayanan yang dikemukakan Parasuraman (1988) aspek responsiveness masih mengalami kendala dan perlu untuk di tingkatkan lagi. Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Universitas Tadulako telah berupaya melakukan evaluasi terkait kualitas pelayanan akademik kemasiswaan yang dilakukan setiap tahun. Evaluasi ini merupakan upaya perbaikan yang dilakukan menyeluruh terhadap unsur-unsur yang terkait di dalamnya. Langkah ini penting untuk memperbaiki kualitas pelayanan dari waktu ke waktu. Kata Kunci: Akademik, Kualitas Pelayanan, Universitas Tadulako |