Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN E- GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN TONDO KOTA PALU
Nama: GATOT SUSANTO
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Gatot Susanto, B10222068. (Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Tondo Kota Palu). Syahruddin Hattab dan Suasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan E-Government di terapkan dalam pelayanan Publik di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, yang di kaji berdasarkan teori Penerapan E-Government atau Sistem Pelayanan Elektronik oleh Richardus Eko Indrajit (2004) dengan tiga aspek/elemen yaitu Support, Capasity, Value dan penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa peneliti menyimpulkan ke beberapa aspek/elemen yang menjadi acuan sebagai berikut : Support (Dukungan), adanya dukungan dari pemangku kebijakan dalam bentuk Peraturan, Penerapan E-Government di Kelurahan Tondo telah diatur oleh Peraturan Daerah Kota Palu Nomor 10 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pasal 1 yang dimana mendukung penerapan E-Government di lingkungan Pemerintahan Kota Palu. Capasity (Kemampuan/Sumber Daya), Tersedianya Sumber daya finansial yang berasal dari dana APBD dan serta tersedianya fasilitas pendukung yang cukup memadai untuk medukung penerapan E-Government di Kelurahan Tondo. Value (Nilai/Manfaat), Kehadiran E-Government sangat di inginkan baik pemerintah, pemilik usaha dan masyarakat karena bisa di akses dimana dan kapan saja. Namun masih ada kalangan masyarakat lansia (lanjut usia) atau masyarakat yang kurang mengerti gadget atau teknologi dan lebih memilih datang langsung dalam pengurusan berkas, serta Sumber Daya Manusia yang masih kurang berkompeten sehingga dalam penerapan E-Government di Kelurahan Tondo masih sedikit kurang Maksimal. Kata Kunci : Support, Capasity, Value, E-Goverment, Penerapan, Pelayanan Elektronik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up