Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KENAIKAN PANGKAT PADA SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN DAN HUKUM, BAGIAN TATA USAHA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI TENGAH
Nama: SANAWIAH
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Sanawiah, Kualitas Pelayanan Kenaikan Pangkat pada Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum, Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah (di bawah bimbingan Nasir Mangngasing, dan Nuraisyah) Penelitian kualitatif ini dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah dengan rumusan masalah Bagaimana Kualitas Pelayanan Kenaikan Pangkat pada Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum Bagian Tata Usaha. Informan yang dalam penelitian ini sebanyak lima orang yang terdiri dari pegawai Bagian Tata Usaha dan pegawai pemohon pelayanan kenaikan pangkat, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan dan pengambilan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat lima aspek yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan sesuai dengan teori Parasuraman, dkk. yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum, Bagian Tata Usaha, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy menunjukkan tingkat kualitas pelayanan yang baik. Namun pada aspek Tangibel (Bukti Fisik) dan Responsiveness (Daya Tanggap) terdapat kekurangan terhadap penataan ruangan dan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah oleh pegawai Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum. Aspek ini merupakan salah satu poin penting karena penilaian diukur dari bagaimana pelayanan secara langsung diberikan kepada pemohon. Kurangnya penataan, SDM, evaluasi, pelatihan dan ketidakpercayaan diri berakibat pada pelayanan yang diberikan kurang maksimal dan tidak memberikan rasa kepuasan pada pemohon. Kata Kunci: Kementerian Agama, Kualitas Pelayanan Publik, Kenaikan Pangkat, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up